Antisipasi Ricuh, Rapat Pleno Rekapitulasi Suara KPU Banten Dijaga Ketat Polisi

Ilustrasi rekapitulasi suara Pilpres 2024 di TPS
Sumber :
  • Antara

Serang - Rapat pleno rekapitulasi suara tingkat Provinsi Banten resmi di mulai, setelah sebelumnya dilakukan perhitungan suara ditingkat PPK maupun kabupaten dan kota. Sebelum perhitungan tingkat KPU Banten, sempat di warnai dugaan penggelembungan suara PSI di Kota Cilegon, maupun Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kota Serang.

Dugaan Penyebab Anggota Polresta Manado Tewas Bunuh Diri di Dalam Mobil Alphard

Rapat pleno rekapitulasi suara tingkat KPU Banten di Kantor KPU Banten pada 7 hingga 10 Maret 2024.

"Mudah-mudahan sebelum tanggal 10 Maret udah selesai. Prinsipnya rapat pleno terbuka ini sudah dilakukan secara berjenjang, mulai dari PPK, hingga kabupaten/kota. Kita melaksanakan apa yang sudah ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan," ujar Ketua KPU Banten, Mohamad Ihsan di kantornya pada Kamis, 7 Maret 2024.

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

KPU Banten berharap proses rapat pleno rekapitulasi suara tingkat Provinsi Banten berjalan dengan lancar. Karena, kata dia, sudah dilakukan penghitungan secara berjenjang mulai dari kecamatan hingga kabupaten dan kota.

Sedangkan, tampilan perubahan Sirekap yang menghilangkan bagan prosentase perolehan suara di Pilpres 2024, KPU Banten tidak bisa berbuat banyak, karena itu menjadi kewenangan KPU RI.

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

"Terkait Sirekap ada di (KPU) RI dan ini kebijakan ada di (KPU) RI. Kami hanya pengguna, kondisinya sedemikian," terangnya.

Petugas KPU Masukkan Dokumen ke Sistem Informasi Rekapitulasi atau Sirekap

Photo :
  • Antara

Titik kerawanan selama proses rapat pleno rekapitulasi suara tingkat Provinsi Banten telah dipetakan polisi. Untuk pengamanannya dibagi menjadi empat zona, dan dipimpin perwira polisi berpangkat Komisaris Polisi atau Kompol.

Untuk pengamanan dilakukan Polri, TNI, Satpol PP hingga pengamanan internal KPU. Sedangkan, di dalam kantor KPU Banten itu setidaknya ada 20 personel kepolisian yang berjaga.

"Sudah jauh hari kita laksanakan pemetaan kerawanan, kita lakukan patroli rutin sesuai dengan jam tertentu. Kita membagi empat zona, meliputi tiga Polsek. Setiap zona dipimpin oleh Kompol dan setiap Polsek ada perwira pengendalinya," ujar Kapolresta Serang Kota, Kombes Sofwan Hermanto pada Kamis, 7 Maret 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya