Taufik Basari Sebut Nasdem Sudah Komunikasi dengan PDIP Soal Hak Angket

Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Nasdem Taufik Basari
Sumber :
  • DPR RI

Jakarta – Fraksi Partai Nasdem DPR siap mendukung dan menggulirkan hak angket. Untuk itu, Nasdem sudah menjalin komunikasi dengan PDI Perjuangan (PDIP) terkait hak angket dugaan kecurangan Pemilu 2024 tersebut.

MKD Pastikan Pelat DPR di Mobil Alphard Tempat Brigadir RAT Bunuh Diri Palsu

"Secara informal sudah ada pembicaraan (dengan fraksi PDIP), tapi kita lagi memastikan pematangan dari proses komunikasi ini,” ucap anggota Fraksi Partai Nasdem DPR, Taufik Basari atau Tobas dalam keterangannya, Kamis, 7 Maret 2024. 

Tobas mengatakan, Nasdem menghormati PDIP sebagai partai pertama yang menginisiasi hak angket ini. Terlebih, fraksi PDIP merupakan yang terbesar di parlemen dalam periode 2019-2024. Maka dari itu, dia menunggu kesiapan PDIP untuk menggulirkan hak angket tersebut.

Ketua Nasdem Lucky Hakim Daftar Calon Bupati Indramayu di PKB

Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari yang ditemui usai acara MKD Awards 2022 di Jakarta, Senin, 12 Desember 2022.

Photo :
  • ANTARA/Melalusa Susthira K.

"Mereka yang mengawali usulan hak angket ini dan sebagai fraksi terbesar, kita menghormati. Kita menunggu juga kesiapan PDI Perjuangan," ucapnya. 

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Lebih lanjut, Tobas menegaskan, partainya akan tetap menggunakan hak angket di DPR meskipun nanti PDIP berubah pikiran. Menurut dia, Nasdem tengah mempersiapkan syarat pengajuan hak angket.

Meski begitu, saat ditanya kapan hak angket digulirkan, Tobas enggan memberikan kepastian. "Substansinya harus kuat, termasuk alasan misalnya pelanggaran UU mana yang terjadi, kebijakan apa yang mau diselidiki, atau penyalahgunaan anggaran yang mana. Itu harus kita pastikan termuat dalam pengajuan hak angket kita," ujar Tobas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya