Usai Diperkarakan HMI, Saut Situmorang Lebih Kalem

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengatakan akan lebih kalem, usai dirinya diperkarakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) atas pernyataannya.

KPK Sebut Kasus Korupsi di Jember Tingkat Moderat

"Oh iya selanjutnya mungkin kita harus lebih kalem," kata Saut dalam acara "Ngamen Bareng Anti Korupsi" di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat 13 Mei 2016. 

Ditanya lebih lanjut terkait dengan kasus yang menjeratnya, pemilik nama Thony Saut Situmorang tersebut enggan menanggapi lebih lanjut. "Oh jangan bicara kasus dulu deh," tegas dia, 

Pimpinan KPK Sindir Menteri Pertanian

Saat dicoba tanyakan hal lainnya seperti kasus korupsi Reklamasi Teluk Utara Jakarta, Saut juga menegaskan keengganannya menjawab seputar kasus yang sedang ditangani lembaga anti rasuah tersebut. 

"Jangan bicara kasus deh yang lain aja. Jangan bicara kasus (Ahok). Kita harus bicara bahwa nasionalisme bisa dibangun dari Kereta Api," ungkap dia.

Saut Bantah Tudingan Pansel KPK soal Tak Lapor LHKPN

Untuk diketahui, Saut hadir dalam kegiatan Sosialiasi Anti Korupsi yang bertajuk "Ngamen Bareng Anti Korupsi," yang bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KIA) dan dimeriahkan oleh OM Pancaran Sinar Petromaks. 

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) melaporkan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Saut Situmorang ke Bareskrim Polri, Senin 9 Mei 2016.

Saut dianggap mengeluarkan pernyataan yang mencemarkan nama baik HMI, karena mengeluarkan pernyataan negatif soal HMI, pada salah satu tayangan di televisi swasta, Kamis 5 Mei 2016 lalu.

Pernyataan Saut itu dinilai mengeneralisasi bahwa kader HMI hanya cerdas saat menjadi mahasiswa, tetapi melakukan korupsi saat menjadi pejabat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya