MA: Masih Banyak yang Coba Pengaruhi Hakim

KPK tangkap tangan Ketua Pengadilan Negeri Kepahiang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Juru bicara Mahkamah Agung, Suhadi, mengakui kecolongan dengan ditangkapnya dua hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi awal pekan ini. 

Kasus Suap-TPPU, Eks Panitera PN Jakut Rohadi Divonis 3,5 Tahun Bui

Kedua hakim tersebut adalah Ketua Pengadilan Kepahiang Bengkulu yang juga sekaligus Hakim Tipikor Pada Pengadilan Benguku, Janner Purba. Dan Hakim Ad Hoc Tipikor pada  Pengadilan Bengkulu, Toton.

"Menang (MA) kecolongan," kata dia di MA, Jl.Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu, 25 Mei 2016.

Lucas Minta KPK Buka Blokir Rekening

Dirinya mengatakan MA akan lakukan evaluasi terkait kasus tersebut. Pembinaan akan dilakukan, agal tidak terulang lagi hal serupa. 

"Ketua Pengadilan Tinggi (PT) sebagai Provost depan MA untuk pengawasan hakim di wilayah hukumnya. MA, juga ada badan pengawas, saat ini juga ditinjau kembali apa kendalanya," tambahnya.

Lucas Akan Tuntut Ganti Rugi Luar Biasa kepada KPK

Banyak yang pengaruhi hakim >>>>

Banyak yang pengaruhi hakim?

Lebih lanjut Suhadi mengklaim, hingga saat ini masih ada saja pihak yang ingin mempengaruhi hakim dalam memutus suatu perkara. Bahkan, pihak tersebut tak segan menggunakan berbagai cara agar bisa dimenangkan kasusnya.

"Begitu (hakim) mengetok palu, dinyatakan orang menang atau kalah, oleh karena itu, banyak yang pengaruhi hakim, panitera, atau aparatur lainnya," kata dia.

Terlebih lagi kata dia di era yang serba modern ini, media untuk mempengaruhi para hakim semakin banyak. Sehingga masih ada celah hakim untuk melakukan penyimpangan. 

"Teknologi yang canggih sekarang ini, hubungan dengan telepon, tidak bisa diketahui orang. Kecuali, pertemuan di rumah, atau di kantor, itu bisa diketahui," kata dia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya