Pekan Depan, Kompolnas Siap Godok Calon Kapolri

Menko Maritim dan Plt Menteri ESDM Luhut Binsar Pandjaitan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Filzah Adini Lubis

VIVA.co.id – Daftar nama calon kapolri pengganti Jenderal Polisi Badrodin Haiti akan diserahkan dalam waktu dekat kepada Presiden Joko Widodo. Seluruh nama yang masih dirahasiakan itu, sementara akan dilakukan penilaian terlebih dahulu oleh Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

"Kompolnas tadi kami bicara, mengenai finalisasi kode etik, dan minta mereka melakukan assessment (penilaian) terhadap beberapa nama yang beredar," kata Ketua Kompolnas Luhut Binsar Pandjaitan, Jumat 3 Juni 2016.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan tersebut, penyerahan nama calon kapolri kepada Kompolnas akan dilakukan pada Senin 6 Juni 2016.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

"Nanti hari Senin diserahkan, nanti kita lihat. Setelah itu nanti saya serahkan (kepada Presiden). Pasti lah bintang tiga semua," kata Luhut.

Disinggung siapa kandidat yang masuk nominasi calon kapolri, Luhut enggan membeberkannya. "Nama-namanya tidak boleh dong saya ngomong. Saya belum lapor Presiden. President is my boss. Jadi mesti lapor ke bos saya dulu baru ke kalian," katanya.

Bonus Setara, Ketua NPC Indonesia Apresiasi Presiden dan Menpora

Sejauh ini, memang muncul beberapa nama yang memiliki peluang untuk jadi kapolri pengganti Badrodin Haiti yang akan pensiun pada akhir Juli 2016.

Setidaknya ada sembilan nama yang muncul, yakni Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Tito Karnavian, Kepala Lemdikpol Komjen Pol Syafruddin, Sestama Lemhanas Komjen Pol Suhardi Alius, Kabaharkam Polri Komjen Pol Putut Eko Bayuseno, dan Irwasum Polri Komjen Pol Dwi Priyatno.

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021