Nasir Abbas Siap Bujuk Santoso Supaya Menyerah

Mantan petinggi Jamaah Islamiyah, Nasir Abbas
Sumber :
  • Antara/ Sahrul Manda Tikupadang

VIVA.co.id – Pengamat terorisme yang juga mantan narapidana kasus terorisme, Nasir Abbas, mengaku siap untuk masuk hutan Poso hanya untuk membujuk Santoso cs untuk menyerah kepada aparat. Nasir Abbas yang juga mantan Ketua Mantiqi III Jamaah Islamiyah, menilai perjuangan Santoso dan anak buahnya yang kini bersembunyi dari kejaran aparat di hutan Poso, sudah sangat melenceng dari ajaran Islam.

Petani di Sulteng Tewas Ditembak Kelompok Bersenjata

Menurutnya, kelompok Santoso ini harus dihentikan agar tidak menimbulkan banyak kerugian. Nasir Abbas bahkan meminta Santoso untuk segera menyerahkan diri ke aparat keamanan, dan dia siap untuk ikut membujuk Santoso.

“Saya mengharapkan Santoso menyerahkan diri karena itu lebih baik untuk dirinya, karena tidak ada yang bisa mereka dapatkan dari keinginan mereka itu. Jika diberi kesempatan untuk bertemu dengan Santoso saya akan berbicara dengan Santoso dan memintanya menyerah,” kata Nasir Abbas di Palu Rabu 22 Juni 2016.

Kronologi Baku Tembak Anggota TNI dengan Teroris Poso

Pernyataan ini dilontarkan saat menjadi pembicara dalam dialog nasional dengan tema menangkal radikalismen atas nama agama, yang diselenggarakan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Palu Rabu malam. Nasir Abbas bahkan siap untuk menanggung risiko apa pun saat akan bertemu dengan Santoso.

Keinginan Nasir Abbas itu terlontar setelah dia mengaku turut berdosa karena telah membentuk Jamaah Islamiyah di Sulawesi Tengah termasuk di Poso, yang akhirnya memunculkan orang-orang radikal seperti Santoso.

Pimpinan Mujahidin Indonesia Timur Tewas Tertembak?
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol M Iqbal (tengah) didampingi Karopenmas Divisi Humas Brigjen Pol Dedi Prasetyo (kiri) dan Kabag Pensat Divisi Polri Kombes Pol Yusri Yunus (kanan) memberikan keterangan pers

Kelompok Santoso Masih Ada, Operasi Tinombala Diperpanjang

Operasi ini akan melibatkan unsur TNI untuk masuk ke hutan-hutan.

img_title
VIVA.co.id
20 Juli 2018