Sosok Tito Karnavian di Mata Mantan Teroris

Calon Kapolri Komjen Tito Karnavian beserta istri saat menyambuta kedatangan Komisi III DPR di kediamannya, Rabu (22/6/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Komisaris Jenderal Polisi Tito Karnavian kini jadi sorotan publik setelah Presiden Joko Widodo mengajukannya sebagai calon tunggal Kepala Kepolisian RI (Kapolri), untuk menggantikan Jenderal Polisi Badrodin Haiti yang tak lama lagi pensiun. Kendati banyak dukungan, pencalonannya sedikit kontroversial.

Calon Kuat Wakapolri Dampingi Tito Rapat di DPR

Lalu seperti apa sosok Tito di mata mantan teroris Ali Fauzi Manzi, bekas aktivis radikal pimpinan Abu Bakar Ba'asyir, Jemaah Islamiyah (JI), menilai sosok Tito sebagai polisi yang kalem.

"Pak Tito ini sosok yang kompleks. Satu sisi dia polisi yang berprestasi, di sisi lain dia menguasai dunia akademisi," katanya saat dihubungi VIVA.co.id pada Rabu malam, 22 Juni 2016.

KPK - Polri Kerja Sama Optimalkan Pemberantasan Korupsi

Ali mengaku kerap bersentuhan dengan Tito dalam beberapa kesempatan forum diskusi. Saat itulah dia menyadari kemampuan akademik Tito yang mumpuni. "Saya sering bersentuhan dalam forum diskusi tentang terorisme dan lain sebagainya. Mumpunilah menurut kesimpulan saya beliau itu," ujarnya.

Prestasi akademik Tito, lanjut Ali, juga terlihat pada rekam jejak prestasinya di sekolah kepolisian. "Menurut saya tidak ada di lingkungan kepolisian menyamai rekam jejak beliau, menamatkan sekolah di Inggris, Singapura, dan beberapa negara lain," kata pria asal Lamongan itu.

Komjen Tito Mengaku Belum Ada Niat Ganti Wakapolri

Menurut Ali, untuk saat ini belum ada sosok yang bisa menyaingi Tito di lingkungan internal Kepolisian, meskipun secara senioritas masih ada petinggi Polri lain di atas Tito. "Saya pikir begini, kalau Kepolisian ingin melakukan perbaikan, saya pikir Pak Tito yang paling tepat," tuturnya.

"Beliau punya gagasan dan pemikiran yang revolusioner tengang polisi ke depan," ujar pria yang pernah berlatih militer di kamp Moro Islamic Liberation Front (MILF) Filipina itu.

Kalemdikpol Komjen Pol Syafruddin

Syafruddin Siap Jadi Wakil Kapolri

Namanya santer akan menggantikan Komjen Budi Gunawan

img_title
VIVA.co.id
5 September 2016