Kemenhub Siapkan Mudik Gratis, Pendaftaran Masih Dibuka

Mudik Gratis Bagi Pengguna Sepeda Motor
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan bakal terjadi kenaikan jumlah pengguna sepeda motor pada arus mudik tahun ini dibanding tahun lalu. Diprediksi, jumlah pengguna sepeda motor akan meningkat hingga 50 persen atau menjadi sekitar 5 juta orang.

Kuota Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Sudah Terisi Lebih 50 Persen

Mengantisipasi hal itu, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hemi Pamuraharjo menyebutkan, pihaknya membuat program mudik gratis. Namun, program tersebut belum dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat.

"Antisipasinya adalah untuk mengurangi tingkat kecelakaan, kami mengadakan mudik gratis. Sekarang masih buka. Belum dimanfaatkan oleh masyarakat," ujarnya di kantornya, Sabtu, 25 Juni 2016.

Mudik Gratis Lebaran, Kemenhub Bakal Berangkatkan 54.000 Pemudik

Hemi mengungkapkan, pihaknya menyediakan kereta berkapasitas sekitar 15 ribu sepeda motor untuk pemudik menggunakan kereta. Sementara untuk sepeda motor yang diangkut oleh truk yaitu sekitar 12 ribu. Adapun pemudik yang bisa dibawa menggunakan bus sekitar 24 ribu orang.

"Alhamdulillah (sudah terisi) 80 persen untuk yang bus-truk. Untuk kereta sekitar 74 persen," ujarnya.

Tak Ada Hiburan, Peserta Mudik Gratis Kapal Laut Mengeluh

Dia mengemukakan, diperkirakan terjadi peningkatan tren penggunaan pada sejumlah moda transportasi umum di arus mudik tahun ini.

"Kami sudah lakukan uji laik darat, laut, udara untuk setiap moda transportasi mulai tanggal 6 Juni sampai 24 Juni," kata Hemi.

Menurut Hemi, diprediksi terjadi peningkatan penggunaan moda transportasi umum baik pesawat terbang, kapal laut serta kereta api. Namun moda tranportasi darat diprediksi justru menurun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya