Pengelola Kebut Perbaikan Tol Cipali yang Ambles

Pekerja sedang perbaiki jalur ambles di Tol Cipali
Sumber :

VIVA.co.id – Pihak pengelola jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), PT Lintas Marga Sedaya (LMS), masih terus mengebut perbaikan bahu jalan yang sempat ambles di Kilometer 103. Bahu jalan yang ambles itu berada di jalur dari Cirebon ke Jakarta yang akan digunakan saat arus balik nanti.

Polres Majalengka Berhasil Tangkap Pengedar Sabu di Tol Cipali

"Perbaikan di Kilometer 103 masih berjalan dan antisipasi arus mudik tidak ada penyempitan lajur dan dua lajur tetap terpelihara," kata Wakil Direktur Utama PT LMS, Hudaya Arryanto, di Jakarta, Rabu 29 Juni 2016.

Arryanto menjelaskan, amblesnya jalan tersebut diakibatkan curah hujan yang tinggi dan di sekitar jalan tersebut terdapat sungai.

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Arah Cipali KM 72 Mulai Diberlakukan

"Akibat curah hujan yang tinggi makanya ambles," kata dia.

Lantaran bahu jalan yang ambles cukup dalam yaitu sekitar 5 Meter, pekerja membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu saat arus balik nanti median jalan di lokasi itu akan diaspal untuk jalur darurat.

Bus Terguling di KM 98 Tol Cipali Saat Lebaran, Korban Jiwa Nihil

"Nanti sepanjang 200 Meter dari arah Cirebon ke Jakarta diaspal hotmix untuk darurat," kata Arryanto.

Untuk saat ini, jalur mudik di sekitar lokasi diperkirakan masih aman sehingga tidak mengganggu kenyamanan pemudik. Sementara  untuk jalur balik akan diarahkan melalui jalur darurat di median jalan yang akan diaspal.

"Nanti yang lajur untuk arus balik disisakan satu lajur. Sisanya diarahkan ke lajur darurat di median jalan yang diaspal," lanjut Arryanto.

Peristiwa amblesnya jalan Tol Cipali arah ke Jakarta tersebut diketahui terjadi pada 25 Mei 2016 lalu.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya