Hari Ini Puncak Kemacetan Mudik Lebaran

Kepadatan kendaraan di Tol Brebes Timur akibat volume kendaraan pemudik.
Sumber :
  • Dedy Priatmojo

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, tak menampik bahwa hari ini akan menjadi waktu puncak kemacetan arus mudik menjelang Lebaran tahun ini. Namun, dia memperkirakan bahwa pada Senin, H-2 Lebaran, masih akan terjadi beberapa kemacetan di beberapa tempat.

Arus Mudik, Pemerintah Berencana Terapkan One Way di Tol Trans Jawa

"Saya kira kalau puncak arus mudik mungkin hari ini dan besok," kata Menhub Ignasius Jonan kepada tvOne, Minggu 3 Juli 2016.

Kemacetan terjadi di ruas jalan tol maupun ruas jalan raya. Oleh karena itu, menhub berharap kepolisian bisa responsif dan kreatif melakukan rekayasa lalu lintas, sehingga lama waktu macet masih dalam koridor yang bisa ditolerir.

H-2 Lebaran, 600 Ribu Lebih Kendaraan Tinggalkan Ibu Kota

"Saya sudah minta Polri untuk membuat rekayasa lalu lintas," katanya.

H-3 Sejumlah ruas tol hingga pintu keluar mengalami kemacetan parah. Bahkan, menjelang pintu keluar Tol Brebes Timur atau Brebes Exit, sempat terjadi kemacetan hingga 15 kilometer.

Hingga H-4 Lebaran, Pemudik Kereta Api Turun 11 Persen

Tak hanya itu di kawasan Pantai Utara (Pantura) lainnya juga masih terjadi kemacetan seperti di Tegal.

Menurut laporan tvOne, pantauan di jalur Pantura yang merupakan jalur alternatif, tak banyak aparat kepolisian yang berjaga dan mengarahkan dengan ketat di ruas-ruas alternatif tersebut.

Di sejumlah lokasi termasuk Tegal, menurut pantauan, juga didirikan lokasi peristirahatan atau rest area dadakan dan warga setempat bahkan menjual bahan bakar yang sangat mungkin diperlukan pemudik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya