Kemenhub: Mudik Tahun Ini Relatif Baik

Antrean kendaraan di dekat gerbang tol Brebes Timur saat puncak musim mudik Lebaran 2016.
Sumber :
  • @PTJASAMARGA

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengevaluasi perkembangan arus mudik dan arus balik, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu, 13 Juli 2016. Evaluasi tersebut dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenhub Sugihardjo, Dirjen Perhubungan Darat Pudji Hartanto, Dirjen Perhubungan Laut Antonius Tonny Budiono, Dirjen Perhubungan Udara Suprasetyo, dan Dirjen Kereta Api Prasetyo.

Tiga Titik Ini Disiapkan untuk Hindari Macet di Tol Cipali

Meski arus mudik telah berakhir, arus balik hingga saat ini masih terus berlangsung. Hal tersebut diperkirakan karena libur sekolah berlangsung hingga 18 Juli 2016.

"Karena arus balik belum selesai, kami perkirakan angkutan darat, udara, dan kereta api masih ada yang datang sampai 18 Juli nanti. Untuk laut masih panjang lagi, sampai satu pekan ke depan setelah tanggal 18 (Juli)," ujar Staf Khusus Bidang Keterbukaan Informasi Publik, Hadi Mustofa.

Kakorlantas Jamin Horor Brexit Tak Terulang Saat Mudik

Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, Sekjen Kemenhub, Sugihardjo mengatakan pihaknya telah menyiapkan pelayanan terbaik mengenai fasilitas serta perhatian khusus mengenai cuaca, melalui kerja sama dengan BMKG.

"H-12 sampai H+10, perintah menteri harus tetap waspada dalam hal pelayanan terbaik dan memberikan perhatian khusus soal cuaca, melalui BMKG dalam proses arus balik," ujarnya.

Cegah Macet Horor di Brexit, Polisi Siapkan Rekayasa Lalin

Hasil evaluasi dari keempat dirjen menyatakan bahwa tahun ini, keselamatan bertransportasi meningkat baik. "Tahun ini relatif baik," kata Sugihardjo.

Kendaraan pemudik melintasi jalan tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (10/6)

Jakarta-Semarang Cuma Lima Jam Diklaim Hasil Revolusi Mudik

Kemacetan parah di Brexit pada 2015 diklaim tidak akan terjadi lagi.

img_title
VIVA.co.id
12 Juni 2018