Pola Pengaturan Arus Mudik Idul Adha di Brexit

Foto Udara Tol Brexit Jelang Puncak Arus Mudik
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Polri telah menyusun rencana rekayasa lalu lintas apabila terjadi kemacetan di Brebes Exit Tol (Brexit) pada saat mudik Idul Adha, atau mulai 31 Agustus hingga 1 September 2017.

20 Ucapan Hari Raya Idul Adha 1442 H

"Kalau terjadi (kemacetan) 5 kilometer akan dikeluarkan dari Pejagan, kemudian kalau terjadi antrean lagi akan dikeluarkan di tol Kanci," kata Asisten Operasi Kapolri, Inspektur Jenderal Polisi Mochamad Iriawan saat meninjau tol Brexit, Jawa Tengah, Selasa, 29 Agustus 2017.

Begitu juga kalau jalur selatan yang akan keluar di Kanci dan jalur Pantura penuh, akan dikeluarkan di Ciperna memakai jalur tengah dan langsung ke arah Purwokerto.

Resep Opor Ayam Khas Palembang, Menu Spesial Hari Raya Idul Adha

Tentunya, kata Iriawan, ini akan menjadi koordinasi yang baik antara Polda Jawa Barat dan Jawa Tengah melalui Korlantas Polri.

"Karena setelah keluar tol Palimanan, itu 10 persennya ke Cirebon, 30 persennya ke selatan, Purwokerto dan Yogyakarta. Sisanya yang ke jalur Pantura," katanya.

Selamat Idul Adha Trending di Twitter, Warganet Imbau di Rumah Aja

Dengan demikian, pola pengamanan rekayasa lalu lintas yang dilakukan jajaran kepolisian, diperkirakan tidak terjadi penumpukan kendaraan saat musim lebaran haji tersebut.

"Ya kita maksimalkan, tentunya terus-menerus melakukan pemantauan. Kita akan mengetahui berapa kendaraan yang meninggalkan Jakarta di tol Cikarang Utama," ujarnya.

Iriawan menambahkan, untuk jalur tol fungsional Kalingangsa hingga Gringsing sejauh 110 kilometer, saat ini tidak dapat difungsikan pada Idul Adha, karena sedang fokus dalam pengerjaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya