Tol Cipali Berlakukan Sistem 'Lawan Arus'

Tol Cipali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Malam ini, Sabtu 9 Juli 2016, diperkirakan akan menjadi puncak arus balik kendaraan para pemudik, yang akan melewati jalur tol mulai Brebes sampai Jakarta. Untuk itu, Polda Jawa Barat sudah memberlakukan rekayasa “lawan arus” (contra flow) lalu lintas di Ruas Tol Cikampek-Palimanan untuk mencegah terjadinya kemacetan parah. 

Banyak Pengendara Tak Lolos Penyekatan Arus Balik Tol Kalikangkung

Pemberlakuan contra flow diterapkan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan yang terus meningkat sejak pagi, terutama karena adanya perbaikan ruas pada sebagian jalan yang ambles di Tol Cipali.

"Memang di Tol Cipali ada beberapa ruas jalan perbaikan seperti di kilometer 103 sampai 104 Tol Cipali, di sana aparat kepolisian sudah berikan contra flow. Seharusnya dari Jakarta ke itu dua lajur, tapi kita ambil satu lajur sehingga jadi tiga ke arah Jakarta," ucap Kasat PJR Ditlantas Polda Jabar Kompol Hanafi dalam perbincangan dengan tvOne, Sabtu, 9 Juli 2016.

Arus Balik Pemudik Roda Dua Menyemut di Pantura Minggu Malam

Selain itu, pihaknya juga akan mengalihkan kendaraan untuk keluar di Gerbang Tol Plumbon pada ruas Tol Palimanan-Kanci, jika antrean kendaraan di Gerbang Tol Palimanan memanjang lebih dari 1 kilometer.

Demi memperlancar arus kendaraan, menurut Hanafi, operator tol membuka 21 gardu tol di Gerbang Tol Palimanan.

Puncak Arus Balik 16 Mei 2021, Polri Perketat Perbatasan Jabodetabek

"Di Gate Palimanan disiapkan pengelola tol ada 21 gate, pintu masuk, kita lihat antrean tidak jauh dari 800 meter," kata Hanafi.

Melihat beragam antisipasi ini, Hanafi optimistis kemacetan saat puncak arus mudik sebelum Lebaran lalu, tak akan kembali terjadi pada arus balik ini. "Tentu kepolisian Polda Jabar siap menerima arus mudik dari arah timur," lanjut dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya