Dishub DKI Siagakan Pos Pantau hingga H+10

Pemudik Mulai Padati Terminal Kampung Rambutan
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Arus balik Lebaran 2016 mulai terlihat di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Namun, hingga menjelang Minggu siang, bus-bus yang telah masuk terminal masih berasal dari sekitar Jawa Barat. Sedangkan sisanya masih relatif tidak banyak.

Harga Tiket Pesawat Pasti Melonjak Saat Mudik, Ini Solusinya

"Untuk yang Jawa Tengah, Jawa Timur, sampai Madura itu masih relatif sedikit, kami perkirakan masih dalam perjalanan di tol," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko, ketika ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Minggu 10 Juli 2016.

Sigit mengatakan, bus-bus itu menggunakan jalur-jalur utama sehingga tidak bisa sampai secepat mobil pribadi. Menurut pantauan pihaknya, bus-bus dari Jawa Tengah dan Jatim masih berada di tol Cipali.

Ingat, H-7 Lebaran Angkutan Barang Dilarang Lintasi Jabar

"Pantauan terakhir, kami koordinasi dengan PO, mereka masih berada di tol Cipali," ujar Sigit.

Untuk mengantisipasi molornya arus balik, pihaknya akan terus menerapkan pos pemantauan libur Lebaran hingga H+10. 

Alternatif Transportasi Mudik Rp500 Ribuan

Hal itu berbeda dengan Kementerian Perhubungan yang menerapkan hanya sampai H+7.

"Kalau Kemenhub kan menerapkan pos pantau libur Lebaran itu dari H-12 sampai H+7. Tetapi, Dinas Perhubungan DKI sampai H+10, untuk minggu depan kami masih jaga kok," kata dia.

"Karena kami melihat jadwalnya mayoritas masuk hari Senin, tetapi untuk anak sekolah baru tanggal 18 Juli, sehingga kami sengaja memperpanjang itu," lanjut Sigit.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya