H+6 Lebaran, Lonjakan Arus Mudik Tak Ada Lagi

Kendaraan melintas di sekitar pintu keluar Tol Brebes Timur, Jawa Tengah. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA/Oky Lukmansyah

VIVA.co.id – Posko Nasional Angkutan Lebaran di kantor Kementerian Perhubungan terus memantau perkembangan pemudik pada H+6 Lebaran hari ini, Rabu 13 Juli 2016. Dari catatan petugas, kepadatan kendaraan di tujuh titik wilayah pantauan, yaitu Ciasem, Sadang, Ciamis, Merak, Cisarua, Cicurug, Cileunyi, hingga pukul 08.30 WIB terpantau sudah normal. 

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

Hasil pantauan ini menunjukkan volume kendaraan sudah kembali seperti sedia kala dan tidak ada lagi lonjakan, atau kepadatan lalu lintas seperti saat terjadi arus mudik dan balik.

"Pada hari ini, arus lalu lintas di ruas jalan terlihat sudah normal, lengang," kata petugas di Posko Nasional Angkutan Lebaran, Fatma Areej kepada VIVA.co.id, Rabu 13 Juli 2016.

Posko Angkutan Lebaran 2016 Resmi Ditutup

Dari data pantauan traffic counting, total kendaraan yang masuk kawasan Jabodetabek dari tujuh titik wilayah pantauan itu sebanyak 65.605 unit. Jumlah itu akumulasi dari 34.093 sepeda motor, 24.188 mobil pribadi, dan 7.324 kendaraan lain.

Fatma mengatakan, titik puncak arus balik terjadi pada H+3 Lebaran, dengan total 514.712 kendaraan tercatat masuk Jabodetabek.

Musim Mudik di Sumut, Kecelakaan Naik Korban Berkurang

Menurut data yang diterima VIVA.co.id, setelah H+3 Lebaran, volume kendaraan masuk Jabodetabek semakin menyusut. Pada H+4 Lebaran, jumlahnya 367.372 unit. Menurun lagi di H+5 Lebaran, dengan total 327.778 kendaraan. (asp)

Tol Cipali

Kemenhub: Ada 16 Titik Macet Jelang Lebaran

Antisipasi dilakukan sejak dini. Berkoordinasi dengan Polri.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2017