Gamalama Kembali Erupsi, Ternate Diselimuti Abu Vulkanik

Gunung Gamalama
Sumber :
  • Firdaus Amar - Ternate

VIVA.co.id - Gunung Gamalama yang berada di Ternate, Provinsi Maluku Utara, Rabu pagi, 3 Agustus 2016, kembali mengeluarkan erupsi.

Erupsi Gamalama Mereda, Bandara di Ternate Mulai Beroperasi

Dampak erupsi itu, abu vulkanik berhembusĀ  ke udara setinggi 600 meter, bergerak ke arah tenggara hingga timur. Akibatnya, Kota Ternate dan Bandar Udara Sultan Baabullah dihujani abu vulkanik.

Data sismograf Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pos pengamatan Gunung Gamalama mencatat terjadi gempa tektonik jauh 5 kaliĀ  dengan aplitudo 15-46 , gempa vulkanik dalam 1 kali gempa tremor 5 kali dan gempa hembusan 4 kali kejadianĀ 

Letusan pada pukul 06.28 pagi tadi, disertai suara gemuruh disertai embusan abu vulkanik hitam pekat dengan tinggi 500-600 Meter mengarah ke Timur dan Tenggara Kota Ternate

Kepala pos pengamatan Gunung Gamalama, Martanto, mengatakan Gamalama masih dalam status waspada level II. Warga dihimbau tetap tenang dan waspada, sehingga tidak mudah terpancing isu-isu negatif.

"Masyarakat yang tinggal di sepanjang bantalan agar waspada sekunder berupa ancaman aliran lahar terutama jika terjadi hujan di kawasan puncak," ujar Martanto. (ase)

Laporan: Irfan Gusti/ANTV

Warga Diimbau Waspada Lahar Dingin Gunung Gamalama
Gunung Dukono Halmahera Utara

Dukono Erupsi, Penutupan Bandara Gamarmalamo Diperpanjang

Penutupan akibat adanya erupsi Gunung Dukono di Halmahera Utara.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016