Mensos Bentuk Forum Keserasian Sosial di Tanjungbalai

Kondisi Vihara Tri Ratna yang rusak pasca kerusuhan Tanjungbalai, Jumat malam (29/7/2016)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Anton

VIVA.co.id - Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa akan membentuk Forum Keserasian Sosial di Tanjungbalai, Sumatera Utara. Forum ini dibentuk untuk mencegah kerusuhan seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

Ide untuk membentuk forum ini muncul dari tim yang diterjunkan langsung oleh Khofifah ke Tanjungbalai. Kesepakatan membentuk forum itu, menurut Khofifah, di luar kesepakatan yang diinisiasi oleh Kapolri.

"Kita akan segera menyiapkan Forum Keserasian Sosial di sana, hari ini ada 460 desa, jadi kita akan berbasis desa menyiapkan Forum Keserasian Sosial," kata Khofifah saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Minggu, 7 Agustus 2016.

Khofifah menyebut, forum itu dibentuk untuk membangun komunikasi di antara masyarakat Tanjungbalai. Komunikasi yang terjalin dengan baik, diharapkan akan bisa meredam konflik yang pada akhirnya bisa memicu kerusuhan.

Tersangka Kerusuhan Tanjungbalai Jadi 20 Orang

"Sehingga tidak negative thinking atau suudzon kalau ada sesuatu yang ternyata tidak seperti yang diekspektasikan."

Sebelumnya, kerusuhan Tanjungbalai terjadi lantaran dipicu oleh volume pengeras suara dari Masjid Al Makshum. Seorang warga etnis Tionghoa menegur pengurus masjid untuk mengurangi volume suara tersebut. Namun, ia disebut menegur dengan cara yang kasar sehingga pengurus masjid tersinggung.

Kejadian kemudian melebar menjadi pergerakan massa yang mengamuk. Massa membakar, merusak bahkan menjarah beberapa vihara di Tanjungbalai. Massa juga dikabarkan merusak dan membakar sejumlah mobil dan sepeda motor dalam peristiwa itu. Atas kejadian itu, pihak Kepolisian sejauh ini telah menetapkan 21 orang tersangka, beberapa di antaranya masih di bawah umur.

(mus)

Warga yang Protes Azan di Tanjungbalai Minta Maaf
Pengamanan tempat ibadah pasca kerusuhan Tanjungbalai

Penahanan 11 Tersangka Kerusuhan Tanjungbalai Ditangguhkan

Tiga orang masih ditahan karena masih menjalani pemeriksaan.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016