Direktur Keuangan Pertamina Indonesia Best CFO 2016

Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Arief Budiman
Sumber :

VIVA.co.id – Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Arief Budiman terpilih sebagai Indonesia Best CFO 2016 versi Majalah Swa.

Dalam Tiga Bulan, Serapan Produk UMKM di Pertamina Capai Rp3,5 Miliar

Arief Budiman yang telah mengabdi di Pertamina sejak 28 November 2016 meraih skor tertinggi diantara para kontestan. Arief berhasil meraih skor 89,08.

Adapun, kriteria penilaian terdiri dari kejelasan identifikasi masalah dengan bobot 15 persen, strategi dan terobosan untuk mencapai sasaran dan aplicable dengan bobot 50 persen, hasil 25 persen dan kecakapan dalam presentasi berbobot 10 persen.

X-Trail Baru Dijual Rp370 Jutaan, dan Perusahaan Amerika Mau Investasi

"Kami berterimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan dengan penghargaan ini. Pencapaian aspek keuangan Pertamina merupakan refleksi hasil kerja semua lini di Pertamina," ujar Arief.

Peraih Asia’s Best CFO versi Majalah Corporate Governance Asia ini menjelaskan secara ringkas tiga tahapan yang telah dan sedang dilalui oleh Pertamina dari sisi keuangan. Pertama, Pertamina telah berhasil keluar dari krisis akibat penurunan harga minyak mentah dunia dengan indikator laba bersih yang hanya turun tipis dalam denominasi dolar, bahkan naik sekitar 11 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya apabila dalam denominasi Rupiah.

Ahok: Kalau Saya Dirut Pertamina, Kadrun Demo Mau Bikin Gaduh

Kedua, membangun fondasi keuangan yang solid melalui empat program transformasi, yaitu penggunaan teknologi, peningkatan kualitas layanan, pengembangan kapabilitas baru, dan penguatan organisasi dan SDM. Ketiga, adalah fase untuk menciptakan sekaligus mengimplementasikan strategi untuk mencapai target-target Pertamina tahun 2030 yang memerlukan suntikan investasi tidak kurang dari US$190 miliar.

“Dirkeu Pertamina mampu mengentaskan berbagai kendala dan mengimplementasikan solusi secara sistematis. Program penataan dan perencanaan yang dilakukan Arief lebih bagus dibandingkan dengan peserta lainnya,” komentar Emirsyah Satar, salah seorang juri ajang Indonesia Best CFO 2016.

Selain Emirsyah, beberapa nama terlibat dalam penjurian Indonesia Best CFO 2016, meliputi Prof. Djoko Wintoro, Wakil Rektor Universitas Prasetiya Mulya, Prof. Roy Sambel, Dean of IPMI International Business School, Philip S. Purnama, Founder & President Director Integra Mining Group, dan Dr. Sugiharto, Komisaris Utama Pertamina periode 2010-2015.

Sebelumnya, Arief Budiman juga meraih penghargaan sebagai Asia's Best CFO dari Majalah Corporate Governance Asia. Penghargaan tersebut berdasarkan hasil survey terhadap pembaca Corporate Governance Asia yang berasal dari komunitas keuangan Internasional, pesan komunikasi Investor Relations kepada bondholders/analysts keuangan terkait GCG dan transparansi perusahaan dipandang telah diterima dengan baik.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya