Gibran Rakabuming: Pengusaha Lebih Baik daripada Politisi

Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, (tengah) membuka toko Martabak Markobar di Manado.
Sumber :
  • Viva.co.id/Agustinus Hari

VIVA.co.id – Sejak dahulu Gibran Rakabuming Raka, anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ternyata bukan hanya tak mendukung sang ayah menjadi orang nomor satu di Indonesia. Jika disuruh memilih, ia ingin Jokowi menjadi pengusaha.

10 Hari Isoman, Gibran Masih Dinyatakan Positif COVID-19

“Ya kalau saya sih dari dahulu konsisten, saya tidak pernah setuju (Jokowi jadi presiden). Alasannya saya lebih suka bapak jadi pengusaha. Saya tidak setuju tapi tidak menghalangi,” kata Gibran di acara Tamu Khusus yang ditayangkan tvOne, Minggu malam, 11 September 2016.

Menurut ayah satu anak itu, lebih bebas menjadi seorang pengusaha. Ia mencontohkan dirinya yang bebas dalam mengelola bisnis hingga menentukan networking.

Dokter Kepresidenan Pantau Kondisi Gibran yang Terpapar COVID-19

“Itu dari kacamata saya. Pengusaha lebih baik dari politisi,” ujarnya.

Hal itu pulalah yang membuatnya belum tertarik untuk terjun ke dunia politik mengikuti jejak sang ayah. Meski begitu, ia tak akan menghalangi jika adik-adiknya ingin masuk ke dalam dunia politik, walaupun menurutnya, kedua adiknya hingga kini belum menentukan hal tersebut.

Gibran Diswab PCR Lagi, Demi Bisa Dampingi Kunker Jokowi ke Solo

Ketika ditanya apakah menjadi seorang anak presiden lantas memberikannya keuntungan dalam menjalani bisnis, Gibran dengan tegas menjawab ‘tidak’.

“Enggak juga. Dimurahkan gimana? Misalkan saya beli tepung atau telur untuk martabak. Yang beli saya malah dimahalin. Makanya yang beli itu selain saya,” ujarnya.

Ia juga menolak jika bisnis katering dan kuliner martabak bernama Markobar miliknya disebut laris manis setelah ia menjadi anak presiden.

“Enggak juga. Itu kan semua sudah jalan sebelum bapak jadi presiden. Katering sudah dari tahun 2010, martabak malah dari tahun 1996. Enggak ada pengaruh (Jokowi jadi presiden) karena memang komitmennya tahun 2015 dan 2016 menambah outlet ke seluruh indonesia,” ujar Gibran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya