September, Bulan Hitam untuk Indonesia

Ilustrasi/Korban tragedi 1965
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id – September menjadi bulan 'hitam' untuk penanda maraknya kasus kekerasan dan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang belum terungkap di Indonesia.

Ketua MPR Minta Pemerintah Terus Telusuri Korban Lain Pelanggaran HAM Berat

Menurut Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), bulan kesembilan ini tercatat meninggalkan sejumlah catatan kelam tentang praktik kekerasan yang dilakukan oleh negara terhadap sejumlah warga sipil di Indonesia.

Melansir dalam laman masihingat.kontras.org, setidaknya ada empat peristiwa besar yang terjadi di Indonesia pada bulan September. Sejauh ini, keempat catatan kelam itu masih berupa misteri dan belum menemukan titik terang siapa yang bertanggung jawab.

Kejagung Siap Hadapi Kasasi Tragedi Semanggi

Kasus pertama adalah tragedi pembunuhan aktivis HAM . Pria itu meninggal dunia dalam sebuah perjalanan pesawat dari Jakarta menuju Amsterdam pada 7 September 2004. Dari pemeriksaan Munir rupanya diracun dengan arsenik di dalam makanannya.

Kejahatan itu dilakukan oleh pilot Garuda Indonesia yang sedang dalam masa cuti, Pollycarpus Budihari Priyanto. Pelaku pun divonis 14 tahun penjara dan kini telah menghirup udara bebas. Namun siapa di balik Pollycarpus, hingga kini masih misteri.

Kejagung Inventarisir 13 Kasus Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu

Ilustrasi/Peringatan kematian aktivis HAM Munir Said Thalib

FOTO: Aksi mendukung pengungkapan kasus pembunuhan Munir Said Thalib

Peristiwa kedua yang terjadi di bulan September adalah Tragedi Tanjung Priok. Kejadian ini terjadi pada tahun 1984 yang dilakukan oleh militer kepada sekelompok jemaah tablig karena memprotes asas tunggal Pancasila.

Dilaporkan 80 orang warga sipil tewas dan beberapa lainnya hilang. Pengadilan HAM ad hoc digelar untuk kasus ini pada tahun 2004. Vonis bebas diberikan kepada para pelaku. Klaim islah antara warga dan militer pun menjadi alasan hilangnya kasus tragedi Tanjung Priok.

Peristiwa ketiga pada bulan September adalah . Kejadian ini terjadi pada September 1999. Lagi-lagi dilakukan oleh militer kepada sejumlah mahasiswa yang berdemonstrasi atas rencana pembentukan undang-undang Penanggulangan Keadaaan Bahaya (UU PKB)).

Sejumlah mahasiswa dilaporkan dianiaya. Seorang mahasiswa meninggal karena tertembak. Hingga kini tidak ada kejelasan siapa yang bertanggungjawab dalam aksi represi militer tersebut.

Peringatan 14 Tahun Tragedi Semanggi II

FOTO: Peringatan Tragedi Semanggi II

Peristiwa keempat yang terjadi pada bulan September adalah . Disebutkan ada 1,5 juta orang dibantai secara massal oleh militer. Penyebabnya, mereka dituding sebagai kelompok prokomunis.

Tak cuma dibunuh, ribuan orang pun ditangkap paksa lalu dibuang ke pulau pengasingan. Bertahun-tahun tanpa alasan jelas dan tanpa melalui jalur persidangan. Penyiksaan dan kekerasan masa itu membuat siapa pun yang pernah terlibat begidik ngeri.

Lantas siapa pelakunya? Hingga kini tidak jelas dan tak terungkap siapa yang harus bertanggungjawab atas kematian dan tindak kekerasan militer tersebut. Dalih prokomunis pun dianggap menjadi dasar pijak bahwa pembantaian itu sah dan legal di mata penegak hukum. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya