Petinggi Polri Kongko Bareng Bos Sawit Tak Melanggar

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id – Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Komjen Pol Syafrudin, membeberkan hasil investigasi Propam Mabes Polri, terkait foto sejumlah perwira Polda Riau yang kongko bersama pengusaha kelapa sawit yang diduga terlibat dalam kasus kebakaran hutan dan lahan.

Cara Irjen Dedi Agar Anak Buahnya Cepat Cegah Karhutla di Kalteng

Petinggi berbagai perusahaan, termasuk salah satunya bos perkebunan kelapa sawit PT. Andika Permata Sawit Lestari (APSL), bertemu dan berfoto bersama petinggi Polda Riau di Hotel Grand Central Pekanbaru, beberapa waktu lalu.

Syafruddin berujar, foto tersebut tidak ada kaitannya dengan keluarnya surat perintah penghentian penyidikan perkara (SP3) kasus kebakaran hutan dan lahan.

Polri Sebut Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan Turun

"Tidak ada kaitannya antara SP3 dengan foto-foto yang beredar. Karena pengusaha dalam foto itu, menurut investigasi dari Propam itu, tidak terlibat dalam pembakaran hutan," ujar Syafrudin di Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Jalan Medan Merdeka Barat 15, Jakarta Pusat, Selasa, 13 September 2016.

Menurut Syafrudin, ketidakterkaitan itu, karena keluarnya SP3 terpisah dengan foto-foto tersebut. Surat yang dikeluarkan oleh Polda Riau itu juga masih berlaku.

Cara Kapolri Jenderal Sigit Minimalisir Kebakaran Hutan dan Lahan

"Jadi terpisah, SP3 tetap berlaku lanjut karena tidak ada kaitannya," kata dia.

Mantan Kepala Lembaga Pendidikan Polri itu membantah pendapat banyak pihak yang menyebutkan polisi hanya menyasar individu dibanding korporasi dalam kasus kebakaran hutan dan lahan.

Syafruddin menegaskan, Kepolisian tidak pandang bulu dan terbuka dalam penanganan kasus yang membuat ribuan hektare lahan terbakar.

"Itu kan tahun lalu barangnya, bukan tahun sekarang. Ini terbuka (ramai) karena ada foto-foto cuma itu saja," ujar mantan Kapolda Sumatera Utara dan Kalimantan Selatan itu.

Para petinggi Polda Riau dalam foto tersebut antara lain, Direktur Kriminal Khusus Polda Riau, Kombes Rivai Sinambela, Direktur Kriminal Umum Polda Riau, Kombes Surawan dan Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Tony Hermawan.

Selain itu, petinggi Mabes Polri juga masuk dalam gambar kongko dengan petinggi perusahaan bermasalah itu yakni Kombes Pol Hendra. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya