Polda Bali Segera Tindak Seruan Separatisme ForBALI

Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi (ForBALI)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Kepolisian Daerah (Polda) Bali terus melakukan pendalaman terhadap gerakan Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi Teluk Benoa (ForBALI). Polisi mensinyalir gerakan yang getol menolak reklamasi Teluk Benoa seluas 700 hektare itu mulai menjurus pada gerakan separatisme.

Menteri Rini Klaim Reklamasi Pelabuhan Benoa untuk Pariwisata Bali

Hal itu terbukti dari postingan aktivis ForBALI di situs jejaring sosial Facebook. Salah satunya adalah akun atas nama Hadi Joban yang memposting status "Merdeka dari NKRI harga mati!" pada 12 Agustus lalu.

Sebelumnya pada 10 Agustus aktivis ForBALI atas nama Indra Jaya menulis status "Rakyat Bali akan terus melawan sampai Bali Merdeka!".

Soal Reklamasi Pelabuhan Benoa, Pelindo III Temui Gubernur Bali

Hal senada juga diungkapkan oleh aktivis lainnya dengan nama akun Putu Gent. Ia menulis status "Salam BTR...... hari kemerdekaan tapi Bali konden merdeka.... kibarkan bendera Forbali". Pada status terpisah ia memposting "Bali belum merdeka karena FORBALI masih memperjuangkan Kemerdekaan Bali".

Menanggapi ragam komentar berbau separatisme di sosial media, Kepala Bidang Humas Polda Bali Komisaris Besar Anak Agung Made Sudana mengakui Polda Bali tengah mengawasi secara serius gerakan ForBALI. Sebab, gerakan ForBALI mulai mengarah pada separatisme.

Reklamasi Dihentikan Gubernur Bali, Pelindo III Lapor ke Menko Luhut

"Oh ya, mengenai separatisme Bali merdeka ForBALI itu kita pantau dan kaji terus, terutama oleh Reskrim," kata Sudana ditemui di Mapolda Bali, Rabu 21 September 2016.

Sudana mengatakan, segala bentuk postingan dan bukti-bukti penguat telah dikumpulkan institusinya. "Kita sudah kumpulkan semua bukti-buktinya," ujar Sudana.

Jika hasil analisis telah selesai, selanjutnya Polda Bali akan mengambil langkah terkait separatisme ForBALI. "Pasti kita ambil tindakan. Tapi seperti apa, itu nanti setelah analisis bukti-bukti selesai," ujar mantan Kapolresta Denpasar ini.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya