Kapolri Targetkan 2017 Perpanjangan STNK Sudah Online

Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian.
Sumber :
  • REUTERS/Tom Heneghan

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menargetkan pada tahun 2017 nanti, tidak hanya perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang sudah online, tapi perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) juga harus online.

Bayar Pajak Tahunan Cuma 10 Menit, Begini Caranya

Menurut Kapolri, pemberlakuan sistem online dalam layanan Polri, untuk memudahkan masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dengan domisilinya sekarang.

"Perpanjangan STNK bisa online dan bayar di bank, setelah itu STNK bisa diambil di loket tanpa bersentuhan dengan calo," kata Tito saat HUT Ke-61 Korp Lalu Lintas Polri di JCC, Jakarta Selatan, Kamis, 22 September 2016.

Jika Dihapus, Data Mobil Tidak Bisa Diregistrasi Ulang

Tak hanya itu, Tito juga telah menginstruksikan kepada Kapolda dan jajarannya untuk menyiagakan anggotanya di pusat-pusat titik macet. Hal tersebut pernah dia lakukan semasa menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Tito 'nongkrong' dan memantau langsung di pintu gerbang tol Semanggi.

"Bila perlu tidak usah ada apel pagi, lebih baik langsung ke titik rawan macet bantu masyarakat, nanti kalau macetnya beres pagi hari baru kumpul dan briefing," ujar Tito.

Ramadan, Samsat Polda Metro Jaya Tutup Sejam Lebih Cepat

Lebih lanjut, Tito meminta kepada seluruh anggota Korps Bhayangkara untuk melakukan reformasi kultural di tubuh kepolisian, agar citra Polri lebih baik di masyarakat.

"Sikap (anggota Polri) kepada masyarakat sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. Kami harapkan dukungan dari masyarakat lalu lintas akan menjadi lebih baik ke depan. Kami akan tindak tegas kalau ada anggota yang salah," tegasnya.

Ilustrasi STNK.

Cara Perpanjang STNK Orang Lain Via Online, Mudah Tanpa Ribet

Cara perpanjang STNK milik orang lain via online, mudah tanpa ribet. Kamu bisa menggunakan aplikasi SIGNAL untuk memperpanjang STNK motor ataupun mobil.

img_title
VIVA.co.id
27 September 2021