Ada 11 Laporan Dugaan Penistaan Agama oleh Ahok

Gedung Bareskrim Mabes Polri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah.

VIVA.co.id - Markas Besar Polri mengumumkan jumlah laporan penistaan agama yang diduga dilakukan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok lebih dari 10. Secara umum, para pelapor merasa tidak terima dengan tindakan Ahok yang dinilai melecehkan Alquran.

M Kece Dituntut 10 Tahun Penjara

"Dari yang masuk seluruhnya ada 11 laporan polisi," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri, Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar, dalam suatu diskusi di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 1 November 2016.

Boy menuturkan, laporan itu juga tak hanya terfokus di Jakarta namun datang dari sejumlah daerah lain di Indonesia.

Marak Kasus Penistaan Agama di Pakistan, Perempuan Muda Divonis Mati

"Ada yang laporkan ke Bareskrim, Polda Metro. Ada di Sumatera, juga di Palembang, dan satu lagi di Palu," ujar dia lagi.

Mantan Kapolda Banten ini menambahkan bahwa laporan-laporan itu kini sudah dikumpulkan semuanya di Mabes Polri. Alasannya untuk mempermudah proses penyelidikan.

Ferdinand Hutahaean Tulis Surat Permohonan Maaf dari Penjara

"Jadi sudah disatukan semua di Mabes Polri. Maksudnya biar pemeriksaannya nggak pindah sana, nggak pindah sini. Fokus di satu tempat," ujarnya.

Lebih lanjut, Boy menegaskan bahwa institusinya akan menindaklanjuti laporan-laporan tersebut. Dia pun meminta masyarakat untuk percaya pada kepolisian dalam menyelesaikan kasus tersebut.

"Sudah ada 11 laporan polisi yang diterima. Dari 11 ini tentu dijadikan landasan dasar bagi penyidik untuk melakukan langkah-langkah penyelidikan dan penyidikan. Penegakan hukum," tuturnya.

Sebelumnya, sejumlah organisasi masyarakat baik dari Ormas Islam maupun dari kalangan advokat telah melaporkan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, ke polisi terkait kasus dugaan penistaan agama dalam surat Al-Maidah ayat 51 saat berkunjung ke Pulau Seribu, Jakarta.

Ahok terancam dijerat Pasal 156a KUHP Jo Pasal 28 ayat (2) Undang-undang RI No. 11 Tahun 2008 tentang ITE.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya