Mengungkap Peran Penting Masjid di Aksi 411 dan 212

Masjid Istiqlal.
Sumber :
  • ANTARA/Paramayuda

VIVA.co.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan bahwa fungsi dan peran masjid semakin meningkat di masyarakat. Oleh karena itu, JK meminta Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk ikut berperan aktif.

GNPF MUI Bertemu Jokowi, Bukan Jaminan Tak Ada Lagi Demo

"Seperti yang kita pahami bahwa Dewan Masjid ialah bagaimana meningkatkan peran dan fungsi masijd itu sendiri. Bagaimana sebagai tempat ibadah, sebagai tempat sosial pendidikan, kesehatan, dan banyak lagi," kata JK saat membuka Rakernas Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Kantor Wapres, Jakarta, Senin, 5 Desember 2016.

Salah satu indikasi meningkatnya fungsi masjid beberapa pekan terakhir yaitu terkaitĀ aksi demonstrasi 4 November dan 2 Desember. Menurut JK, masjid mempunyai peran penting dalam aksi akbar yang diikuti jutaan umat Islam itu.

Wapres JK: Tak Logis GNPF MUI Sumbang ke ISIS

"Minggu-minggu lalu ternyata bertambah fungsinya, masjid sebagai tempat singgah, tempat menginap. Jadi ternyata dipersiapkan sebagai tempat tinggal. Sekiranya tidak ada masjid, saya kira susah juga mengumpulkan banyak orang di Jakarta ini," ujar JK.

JK bersyukur para pengurus masjid telah menempatkan diri dalam posisi tepat terkait aksi beberapa waktu lalu. "Alhamdulillah semua masjid memperlihatkan ketulusan dan keterbukaannya. Dan itulah salah satu fungsi masjid," ujar JK.

Kapolri Sebut ada Satgas Merah Putih Pasca 411

Namun, JK berharap aksi demonstrasi seperti 4 November dan 2 Desember tidak terjadi lagi. Alasannya, jika sering terjadi maka semua orang akan sibuk. Dia juga mengingatkan bahwa para pengurus masjid, khususnya DMI, harus memperhatikan masyarakat.

"Saya selalu menyampaikan kepada semuanya bahwa jangan kita menjadi organisasi dari muktamar ke muktamar. Rapatnya dipersingkat, amal ibadahnya, amal sosialnya yang diperbanyak. Itu yang selalu kita ingin lakukan," katanya. (ase)

Pelapor vlog Kaesang Pangarep, Muhamad Hidayat S.

Pelapor Video 'Ndeso' Kaesang Diperiksa Kasus Hina Kapolda

Pemeriksaan untuk melengkapi berkas perkara.

img_title
VIVA.co.id
14 Juli 2017