Bantu Gempa Aceh, Kemenkes Turunkan Puluhan Tenaga Medis

Gempa Aceh.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA.co.id – Ratusan korban akibat gempa di kawasan Pidie Jaya, Aceh, membuat pemerintah terus berupaya untuk memulihkannya kembali. Tidak tanggung-tanggung, diterjunkan puluhan tenaga medis di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Pidie Jaya, Pidie, dan Bireuen.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Kementerian Kesehatan telah melakukan upaya tanggap bencana dengan berkoordinasi antara lain dengan Dinas Kesehatan Provinsi Aceh dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie Jaya. Kemenkes juga telah mengirimkan tim untuk berkoordinasi dan melakukan penilaian cepat kesehatan atau rapid health assesment (RHA).

"Pemerintah akan terus berupaya dalam pemulihan pasca bencana," ujar Menkes Nila F. Moeloek saat mengunjungi pasien korban gempa di RS Sigli dan RS Pidi di Aceh, dikutip dari rilis yang diterima VIVA.co.id pada Kamis 8 Desember 2016.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

Untuk kondisi saat ini, pencarian korban di wilayah Kabupaten Pidie Jaya dan sekitarnya masih dilakukan. Di Kabupaten Pidie Jaya telah dibentuk klaster kesehatan tanggap darurat gempa dengan tugas pelayanan kesehatan, pengendalian penyakit, penyehatan lingkungan, penyiapan air bersih dan sanitasi yang berkualitas.

Selain itu, pelayanan kesehatan gizi, pengelolaan obat bencana, penyiapan kesehatan reproduksi dalam situasi bencana, penatalaksanaan korban meninggal, serta pengelolaan informasi di bidang kesehatan.

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami
Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023