Satgas KPK Sita Mobil Mewah Hasil OTT Pejabat Bakamla

Ketua KPK, Agus Rahardjo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh Nadlir

VIVA.co.id – Tim Satuan Tugas Komisi Pemberantasan Korupsi turut mengamankan satu mobil Toyota Fortuner warna hitam bernomor Polisi B 15 DIL dalam operasi tangkap tangan (OTT) pejabat Badan Keamanan Laut RI, Rabu, 14 Desember 2016.

Pengacara Perantara Suap Penyidik KPK Dituntut 10 Tahun Penjara

Kini mobil mewah itu telah dibawa ke kantor lembaga antirasuah tersebut di Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, bersama empat orang terduga praktik suapnya.

Ketua KPK Agus Rahardjo, saat ditanyai wartawan mengaku belum bisa merinci kasus OTT tersebut. Namun, dirinya membenarkan bahwa pihaknya mengamankan beberapa orang termasuk pejabat Bakamla.

Azis Syamsuddin Didakwa Suap Penyidik KPK Rp3 Miliar

"Nanti informasi lengkapnya setelah pemeriksaan" kata Agus kepada wartawan. Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA.co.id, salah satu pejabat Bakamla yang turut ditangkap yakni Plt. Sestama Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, ESH.

Sebelumnya, Kepala Bakamla, Ari Soedewo, membenarkan anak buahnya yang tertangkap tangan oleh KPK. "Untuk kasusnya saya dan Bakamla masih rapat. Apakah terkait pengadaaan barang karena Bakamla sedang diperluas kewenangannya. Artinya, pengadaan sektor laut di Bakamla," katanya.

Azis Syamsuddin Jalani Sidang Perdana Kasus Suap Penghentian Perkara

Arie juga mengakui bahwa secara struktural tugas Sestama sebagai kuasa pengunaan anggaran. Ia bisa menentukan anggaran sesuai cetak biru (blue print) Bakamla. "Dalam pelaksanaannya itu full Sestama. Saya (Kepala Bakamla) hanya mengetahui sesuai blue print," ungkap dia.

Mantan Penyidik KPK Novel Baswedan di Mabes Polri

Besok, Novel Baswedan Cs Dilantik Jadi ASN Polri

Dari 44 orang itu sendiri, diketahui ada nama mantan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo dan mantan penyidik senior Novel Baswedan.

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2021