Gerakan Ibu Sehat Indonesia untuk Menurunkan AKI

Gerakan Ibu Sehat Indonesia Untuk Menurunkan AKI
Sumber :

VIVA.co.id – Ibu selalu memiliki makna penting dalam kehidupan seseorang. Perannya seperti 'malaikat' dengan segala perjuangan mempertaruhkan nyawa saat melahirkan buah hati tercinta.

Menteri Yohana Beri Pendampingan Trauma Healing untuk Baiq Nuril

Tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia bukan isapan jempol semata. Menilik laporan dari Survei Demografi Kesehatan Indonesia tahun 2012, terdapat 359 ibu meninggal di setiap 100.000 kelahiran. Kurangnya informasi dan edukasi, menjadi alasan tingginya kematian ibu.

Hal diatas disampaikan Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) dan Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) Giwo Rubianto Wiyogo.

Tik Tok 'Blusukan' ke Kementerian PPA

"Mengapa Indonesia menyumbang angka kematian ibu lebih banyak ? Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, 4T, yakni terlambat, terlalu tua, terlalu banyak, dan terlalu sering," ujar Giwo dalam konferensi pers Fun Walk di FX Sudirman, Jakarta Selatan, Minggu 18 Desember 2016.

Demi mencapai target 2030 untuk menekan angka kematian ibu menjadi 70 per 100.000 kelahiran, KOWANI, menggandeng APPI, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PP dan PA), KlikDokter.com, dan Prenagen menyelenggarakan acara Fun Walk Ibu Sehat Indonesia Sehat 2016.

Banyak Pernikahan Dini, UU Perlindungan Anak Akan Direvisi

Fun Walk ini dimeriahkan oleh para ibu dari berbagai organisasi dan perkumpulan pemberdayaan perempuan. Dengan mengenakan kaos seragam berwarna ungu, meneriakkan yel-yel, para ibu ini tampak begitu bersemangat mengikuti Fun Walk yang dimulai pukul 06.30 WIB di VIP Carpark Plaza FX Sudirman, berlanjut ke Semanggi, dan kembali lagi ke FX Sudirman.

Kegiatan Fun Walk ini pun senada dengan momentum Hari Ibu. Tema peringatan Hari Ibu ke-88 pada tahun ini ialah ‘Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dan Anak untuk Mewujudkan Masyarakat yang Sejahtera’.

Sekretaris Kementerian PP dan PA, Wahyu Hartomo melihat antusiasme para ibu yang mengikuti Fun Walk ini melebihi dari angka yang ditargetkan.

"Kita menargetkan sekitar 1.500 dengan menggerakkan 6 organisasi perempuan yang besar. Tapi ternyata banyak organisasi perwilayahan yang hadir juga," ujar Wahyu usai melepas Fun Walk para peserta bersama Giwo.

Fun Walk ini turut serta mengajak para ibu hamil dengan upaya meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak.

"Diharapkan juga (kegiatan jalan sehat tersebut-red) di seluruh Indonesia pada Hari Ibu, sehingga betul-betul bahwa kematian ibu yang tinggi ini bisa diturunkan dengan adanya gerakan Ibu Sehat Indonesia Sehat,” ujarnya.

Mengapa harus dimulai dengan jalan sehat? Menurut Wahyu, dengan ikut jalan sehat, ibu hamil juga akan lebih bugar dan sehat. Fun Walk ini juga menjadi salah satu bentuk sosialisasi KOWANI, Kementerian PP & PA, serta APPI kepada masyarakat luas.

Fun Walk Ibu Sehat Indonesia Sehat 2016 diikuti dengan serangkaian acara yang menarik, seperti talkshow kesehatan bersama dokter, demo masak, serta selfie contest. Wahyu berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia, akan pentingnya kesehatan dan keselamatan ibu hamil.

"Kami mengharapkan Ibu Sehat, Indonesia akan kuat. Itu pesan kami,” katanya.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya