Evakuasi Wings Air Selesai, Bandara Ahmad Yani Dibuka

Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Usai dilakukan evakuasi pesawat Wings Air, Bandara Ahmad Yani Semarang mulai dibuka kembali pada pukul 07.41 WIB sesuai dengan Notam yang dikeluarkan oleh Direktorat Navigasi Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara No. B8029/16 NOTAMC B8028/16.

Heboh Pesawat Wings Air Hilang Kontak di Flores, Manajemen Kasih Penjelasan

Dengan dibukanya kembali Bandara Ahmad Yani, penerbangan dari dan ke bandara tersebut telah normal kembali. Kepala Bagian Kerja sama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Agoes Subagio mengimbau kepada semua pihak terkait tetap bersiaga dan melakukan pelayanan maksimal kepada penumpang.

"Kami mengimbau pada para maskapai dan pengelola bandara untuk tetap bersiaga dan waspada serta memberikan pelayanan yang maksimal sesuai peraturan yang berlaku pada penumpang," ujar Agoes dalam keterangan resminya yang diterima VIVA.co.id, Senin, 26 Desember 2016.

Pesawat Wings Air Ditembaki Teroris OPM, TNI AU Daratkan Pesawat Hercules di Bandara Dekai Yahukimo

Ia menuturkan, meski Bandara Ahmad Yani telah dibuka kembali pagi ini, potensi terjadinya delay (keterlambatan) pasti terjadi dan itu disebabkan oleh pergeseran slot yang terjadi akibat penutupan bandara yang sebelumnya dilakukan.

Pesawat Wings Air tergelincir

Wings Air Airline Shot On Nop Goliath Dekai Yahukimo Airport in Papua

Seperti diketahui, Bandara Ahmad Yani Semarang ditutup sementara pada Minggu, 25 Desember 2016 sejak pukul 18.24 WIB. Penutupan dilakukan untuk memberi kesempatan pada petugas dan tim dari KNKT untuk mengevakuasi pesawat ATR 72-600 Wings Air yang mengalami overshoot (tergelincir) di runway 13. 

Saat ini pesawat tersebut telah berhasil dievakuasi dan dipindahkan ke apron F Bandara Ahmad Yani. Selanjutnya, pesawat tersebut diserahkan dan menjadi kewenangan KNKT untuk menyelidiki kejadian tersebut.

Sementara itu, untuk membantu proses investigasi oleh Tim KNKT, Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKUPPU) menyatakan melakukan grounded sementara kepada pilot in Command pesawat ATR 72-600 Wings Air yaitu Capt George Tarun Rajan. (ase)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya