Pesawat Wings Air Ditembaki Teroris OPM, TNI AU Daratkan Pesawat Hercules di Bandara Dekai Yahukimo

VIVA Militer: Pesawat Hercules TNI AU mendarat di Bandara Dekai Yahukimo
Sumber :
  • Pen kopasgat

Papua – Kelompok Separatis Bersenjata Papua atau yang dikenal dengan sebutan OPM akhir pekan lalu melakukan penembakan terhadap sebuah pesawat komersial Wings Air di Bandara Nop Goliath Dekai Yahukimo, Papua.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Serangan bersenjata kelompok teroris OPM itu pun sempat mengganggu aktivitas di Bandara yang merupakan pintu masuknya logistik untuk masyarakat di wilayah Yahukimo, Papua. 

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Kogabwilhan III) Letjen TNI Richard T.H Tampubolon melalui Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa mengungkapkan, saat ini Bandara Nop Goliath Dekai masih dalam pengawasan dan pengamanan ketat aparat keamanan. Hal itu dilakukan untuk menciptakan kondusifitas di sekitar bandara, khususnya untuk menciptakan keamanan masyarakat setempat.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Nyoman Suriastawa juga menyampaikan, pasca-insiden penembakan pesawat Wing Air akhir pekan lalu di Bandara Nop Goliath Dekai Yahukimo, Pesawat Hercules C-130 A-1316 milik Skadron Udara 32 TNI AU telah mendarat untuk melaksanakan misi kemanusiaan yakni mendorong logistik  untuk Satuan Tugas (Satgas) TNI di Yahukimo serta untuk kebutuhan hidup masyarakat setempat.

“Iya benar hari ini telah dilaksanakan penerbangan Pesawat Hercules untuk misi kemanusiaan dengan membawa logistik untuk TNI dan juga untuk masyarakat yang ada di Yahukimo, Bandara Dekai ini merupakan urat nadi transportasi ke Yahukimo, kasihan masyarakat kalau tidak ada pesawat yang terbang ke Dekai karena gangguan keamanan bandara oleh KSTP," kata Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Suriastawa dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Senin, 19 Februari 2024.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Lebih jauh dia menambahkan, penerbangan Pesawat Hercules TNI AU ke Bandara Nop Goliath Dekai itu dilakukan sebagai respon cepat pimpinan TNI dalam menyikapi situasi di Yahukimo, Papua.

“Pimpinan TNI telah memberikan arahan demi membantu kesulitan masyarakat terkait suplai logistik ke Yahukimo, pengamanan bandara juga ditingkatkan setelah tejadinya insiden kemarin,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, pada hari Sabtu, 17 Februari 2024 lalu, di Bandara Nop Goliath Dekai, Yahukimo telah terjadi insiden penembakan terhadap pesawat maskapai Wings Air oleh Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) wilayah Yahukimo, namun dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa. 

Kapen Kogabwilhan III juga menyampaikan bahwa saat ini pasukan TNI tetap bersiaga dan terus melaksanakan pengejaran terhadap kelompok KSTP Yahukimo yang telah mencoba membuat gangguan keamanan di Bandara Nop Goliath.

“Kita sudah siagakan pasukan di Bandara, disamping pasukan yang melakukan pengejaran terhadap KSTP tersebut,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya