Ratusan Prajurit Kopasgat TNI AU Dipersiapkan Operasi ke Papua

VIVA Militer: Prajurit Kopasgat cium Merah Putih sebelum berangkat ke Papua
Sumber :
  • Pen kopasgat

Jakarta – Mabes TNI telah mempersiapkan ratusan pasukan elite TNI AU, Korps Baret Jingga atau yang biasa dikenal dengan sebutan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) untuk diterjunkan ke wilayah Pegunungan Papua.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Ratusan prajurit Kopasgat itu rencananya akan ditugaskan sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI - Papua New Guinea (PNG) dalam beberapa waktu ke depan.

Sebelum berangkat ke medan tugas, ratusan pasukan elite TNI AU itu menjalani latihan khusus pra-tugas di Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus), Batu Jajar, Jawa Barat. 

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

Latihan Pra-tugas itu diikuti oleh 400 prajurit Kopasgat dari sejumlah satuan. Mereka akan menjalankan latihan Pra-tugas di Pusdiklatpassus sejak tanggal 17 Februari hingga 18 Maret 2024.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Kopasgat, Selasa, 20 Februari 2024, Komandan Batalyon Komando 461 Kopasgat yang juga Komandan Satgas Letkol Pas Agus M.A.H.A, telah melepas ratusan anak buahnya ke Pusdiklatpassus pada Jum'at, 16 Februari 2024 lalu.

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Ratusan prajurit Yonko 461 Kopasgat itu menjalani proses latihan secara khusus sebelum diberangkatkan ke wilayah rawan Papua sebagai Satgas Pamtas RI-PNG.

"Tetap semangat dan hati-hati selama perjalan menuju daerah Latihan. Sebelum melaksanakan serpas para Komandan Pos (Danpos) mengecek anggota guna memastikan bahwa pasukan sudah siap," kata Danyonko 461 Kopasgat Letkol Pas Agus M.A.H.A, saat melepas pasukan dari Batalyon.

Sementara itu, di lokasi terpisah, Komandan Danyonko 467 Kopasgat Mayor Pas Binsar Setiadi Purba juga melepas ratusan prajurit petarung terbaik Hardha Dedali ke Pusdiklatapssus, Batu Jajar.

Sama dengan pasukan dari Batalyon Komando (Yonko) 461 Kopasgat, ratusan prajurit Hardha Dedali yang telah dipersiapkan untuk penugasan di daerah rawan ini akan melaksanakan latihan Pratugas di Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (Pusdik Passus), Batu Jajar, Jawa Barat. Setelah Pratugas mereka akan berangkat ke Wilayah Papua guna melaksanakan Tugas.

"Moment berangkat tugas adalah hal yang paling ditunggu oleh semua prajurit, karena bagi prajurit, tugas adalah sebuah kehormatan dan Pembuktian. Hari ini tanggal 16 Februari 2024 pukul 08.30 WIB saya melepas 140 prajurit petarung terbaik saya, laksanakan tugas dengan baik dan bertanggungjawab, saling menjaga satu sama lain, Pantang pulang sebelum tuntas dan Kibarkan merah putih di tiang tertinggi, bukan diatas peti. Yakinlah Doa kami selalu menyertai kalian bertugas," ujar Danyonko 467 Kopasgat Mayor Pas Binsar Setiadi Purba dalam keterangan resminya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya