Kapolda Bali Ancam Copot Kapolres Jika Takut pada Ormas

Peta Pulau Bali
Sumber :
  • map.google.com

VIVA.co.id – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bali Inspektur Jenderal Petrus Reinhard Golose memberi atensi khusus untuk 'trans nasional crime dan organized crime’. Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Bali, Ajun Komisaris Besar Hengky Widjaja. Menurut Hengky, organized crime di tingkat lokal yang dimaksud oleh Kapolda di antaranya adalah Ormas Laskar Bali, Baladika Bali dan Pemuda Bali Bersatu (PBB).

Polisi Buka Suara Soal Istri Anggota TNI Jadi Tersangka Usai Lapor Kasus Dugaan Perselingkuhan Suami

"Salah satu tugas atensi dari Kapolda Bali, yaitu memberantas trans national crime dan organized crime. Contoh sederhana organized crime tingkat lokal adalah Laskar Bali, Baladika dan PBB," kata Hengky dalam siaran resminya, Minggu 29 Januari 2017.

Menurut Hengky, Kapolda menginginkan permasalahan yang timbul di antara ormas diselesaikan secara kekeluargaan. "Beliau lebih senang apabila segala permasalahan ormas diselesaikan dengan damai, bukan dengan kekerasan," katanya.

Cegah Kepadatan Lalin, Kapolda Bali Lepas 15 Bus Mudik Gratis Tujuan Jatim

Jika kekerasan sudah terjadi, Hengky menyebut Kapolda tak akan segan mengambil sikap tegas termasuk memecat Kapolres. "Jika sudah terjadi kekerasan, maka Kapolda tidak segan-segan dan ragu-ragu untuk mengambil tindakan tegas," ujar Hengky.

Menindaklanjuti hal tersebut, Polresta Denpasar secara persuasif menjalin komunikasi dengan ormas-ormas di wilayah hukum Polresta Denpasar. Kamis lalu, kata Hengky, Kapolresta Denpasar, Komisaris Besar Hadi Utomo langsung mendatangi penasihat Laskar Bali, Gung Suma di rumahnya, di Jalan Buana Raya, Padangsambian, Denpasar.

Polisi Tunggu Hasil Tes Kejiwaan Bule Amerika Pelaku Penyekapan Balita di Bali

Pada kesempatan itu, kata Hengky, Kapolresta mengajak ormas untuk menjaga kodisi Bali. Ia meminta agar egosektoral antar-ormas dihilangkan dan mereka wajib berkomunikasi yang baik. Ia juga meminta agar baliho ormas diturunkan untuk menjaga estetika dan keindahan kota.

Menurut Hengky, Gung Suma menyambut baik ajakan Kapolresta Denpasar. Ia berjanji dalam waktu dekat akan menjalin silaturahmi dengan ormas yang selama ini menjadi seterunya, Baladika Bali. Acara yang akan dirancang yakni ngopi dan sembahyang bersama. Laskar Bali pun bergerak cepat menurunkan baliho-baliho mereka yang terpasang di sudut-sudut kota.

"Perintah Kapolda agar Polres-polres lain segera melaksanakan kegiatan serupa. Penekanan jika ada Polres yang tidak melaksanakan karena takut (dengan ormas), maka ganjarannya Kapolres akan dicopot," kata Hengky.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya