Wapres JK: KH Hasyim Muzadi Jadi Teladan Umat

Mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama, Hasyim Muzadi.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Wakil Presiden RI Jusuf Kalla direncanakan memimpin upacara pemakaman terhadap almarhum KH Hasyim Muzadi. Almarhum akan dikebumikan siang nanti di Depok, Jawa Barat.

Hasyim Rahasiakan Satu Hal tentang Gus Dur kepada Warga NU

Almarhum yang merupakan mantan ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), dan juga salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu, tutup usia karena sakit yang dideritanya pada Kamis pagi, 16 Maret 2017. 

"Pak JK akan memimpin upacara pemakaman KH Hasyim Muzadi. Rencana di lokasi pukul 14.00 WIB," ujar juru bicara JK Husain Abdullah di Jakarta, Kamis, 16 Maret 2017.

Ketua Umum NU: Ulama Berbagai Negara Kenal Hasyim Muzadi

Menurut Husain, JK menghormati almarhum sebagai seorang ulama yang memiliki pandangan moderat. Almarhum yang lahir di Tuban, Jawa Timur, pada 8 Agustus 1944 itu juga dinilai merupakan teladan umat dari setiap ajaran dan sikapnya.

"Pak JK dan bangsa ini sangat kehilangan dengan kepergian almarhum yang begitu dicintai dan dihormati sebagai ulama yang teduh. Pak JK menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya," ujar Husain.

Keluar Air, Santri Gali Liang Lahat Lagi untuk KH Hasyim

KH Hasyim Muzadi meninggal dunia di Malang, Jawa Timur, Kamis pagi, 16 Maret 2017. Mantan ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama meninggal pada usia 73 tahun.

Sebelum wafat, Kiai Hasyim memang sempat menjalani perawatan di RS Lavalette Malang, karena komplikasi penyakit. Namun, beberapa hari belakangan, Kiai Hasyim memilih menjalani perawatan di kediamannya, Pondok Pesantren Al Hikam Jalan Cengger Ayam, Malang, Jawa Timur. (art)

Menteri Sosial Khofifah Indra Parawansa.

Khofifah Menangis di Makam Hasyim Muzadi

Dia tidak kuasa menahan air mata saat berdoa.

img_title
VIVA.co.id
25 Oktober 2017