KH Hasyim Muzadi di Mata Anies Baswedan dan Djarot Saiful

Mantan Ketua Umum PBNU Hasyim Muzadi.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVA.co.id – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut berduka cita atas wafatnya tokoh Islam Indonesia, mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH. Hasyim Muzadi, yang tutup usia pada Kamis pagi, 16 Maret 2017.

Putra Kiai Hasyim Muzadi Meninggal karena Kecelakaan di Tol

Bagi mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, sosok dan akhlak dari KH Hasyim Muzadi layak menjadi contoh.

"Beliau adalah ulama nasional. Akhlaknya mulia, menjadi contoh, dan kita semua mendoakan agar wafatnya husnul khatimah. Dan Insya Allah dari ilmunya akan mengalir pahala tiada henti dari almarhum," kata Anies di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis 16 Maret 2017.

Khofifah Menangis di Makam Hasyim Muzadi

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini memiliki banyak kenangan dengan almarhum KH Hasyim. Pasalnya, KH Hasyim merupakan salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden di era pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

"Saya seringkali bersama beliau dalam berbagai macam kegiatan dan sudah diniatkan mau berangkat ke Malang. Tapi ternyata Allah memanggil beliau pulang terlebih dahulu. Banyak kenangan kegiatan bersama dan rasanya baru kemarin semuanya," ujarnya.

Sekretaris Jenderal NU Era Hasyim Muzadi Wafat

Anies pun berencana akan melakukan takziyah pada Kamis sore ini di Depok.

Sementara itu, calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat juga turun menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya KH Hasyim Muzadi. Menurut Djarot, almarhum merupakan salah satu pemuka agama yang santun, dan menebarkan Islam yang damai di setiap ceramahnya.

"Saya merasa sangat berduka dan kehilangan sosok kiai sepuh yang santun yang selalu dalam ceramah menebarkan islam yang sejuk, damai dan rahmatan lil alamin," kata Djarot disela kunjungan di Pasar Ayam Puloadung, Jakarta, Kamis 16 Maret 2017.

Djarot mengaku telah lama mengenal sosok almarhum, sejak di Jawa Timur. Saat itu Djarot menjabat sebagai Wali Kota Blitar periode 2000-2010, sementara KH Hasyim Muzadi merupakan pengasuh pondok pesantren Al-Hikam, Malang.

Ia mendo'kan agar almarhum mendapatkan tempat yang baik di sisi yang Maha Kuasa.

KH Hasyim Muzadi meninggal dunia di Malang, Jawa Timur, Kamis pagi, 16 Maret 2017. Dia meninggal pada usia 73 tahun.Sebelum wafat, Kiai Hasyim memang sempat menjalani perawatan di RS Lavalette Malang, karena komplikasi penyakit.

Namun, beberapa hari belakangan, Kiai Hasyim memilih menjalani perawatan di kediamannya, Pondok Pesantren Al Hikam Jalan Cengger Ayam, Malang, Jawa Timur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya