Menkominfo Sebut AMSI Bisa Bantu Pemerintah

Menkominfo Rudiantara.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyambut baik deklarasi Asosiasi Media Siber Indonesia atau AMSI. Wadah bagi media siber ini menurutnya akan makin membantu pemerintah dan publik dalam verifikasi konten media daring.

Acara Indonesia Digital Conference 2020, Akan Dibuka Presiden Jokowi

Rudiantara mengakui, dengan adanya sekitar 47 ribu media daring di dunia maya. Maka akan terbayangkan bagaimana susahnya mengeceknya satu per satu.

"Kalau nanti terverifikasi kan bukan individunya ya, tapi perusahaannya. Ini baik bagi kita akan tahu siapa mereka (media daringnya)," ujar Rudiantara usai deklarasi AMSI di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa, 18 April 2017.

Gelar IDC 2019, AMSI: Ajang Tukar Gagasan Sambut Revolusi Digital

Dia mengatakan, proses verifikasi media daring ini akan memudahkan jika di kemudian hari terjadi masalah, misalnya dalam penanganan kasus pencemaran nama baik sesuai ketentuan Pasal 28 UU ITE.

"Kalau terverifikasi, alamatnya mana (media daring) kan jelas kalau terkait UU ITE," tuturnya.

Dewan Pers Bakal Verifikasi Keanggotaan AMSI

Keberadaan AMSI menurutnya akan meringankan tugas pemerintah dalam memerangi informasi palsu yang beredar luas di dunia maya.

"Itu kan sisi edukasi dan literasinya susah (47 ribu media daring). Setidaknya kalau sudah terverifikasi akan membantu kami, media siber ini jadi rujukan bukan sebarkan hoax," kata dia.

Pria yang akrab disapa Chief RA ini berharap, AMSI bisa menjadi wadah bagi korporasi untuk menempatkan iklan pada anggota AMSI. Asosiasi ini diharapkan terus bekerja sama dengan Dewan Pers dan Kominfo dalam literasi publik. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya