Korban Gempa Tasikmalaya Diimbau Bangun Rumah Panggung

Warga menunjukkan tembok mesjid yang retak pasca gempa di Kampung Cikeusik, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (25/4/2017).
Sumber :
  • tmc;

VIVA.co.id Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengimbau warga terdampak gempa 5,4 skala Richter yang merusak puluhan rumah di Kabupaten Tasikmalaya untuk membangun rumah panggung.

Geger Seorang Ulama Pesohor Kritik Nabi Muhammad

Upaya ini merujuk dari banyaknya rumah beton yang rusak akibat gempa. "Yang rusak berat ini konstruksinya bukan beton bertulang, jadi hancur, beda dengan rumah panggung khas Tasik," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, Selasa, 25 April 2017.

Terkait pendanaan, Iwa memastikan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya telah mengajukan dana tanggap darurat kepada gubernur Jawa Barat.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

"BPBD masih menghitung jumlah kerugian dan kerusakan, nantinya akan diajukan pada Pak Gubernur agar bisa mendapat bantuan dari pos dana tak terduga di APBD Jabar," katanya.

Sejauh ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mengaku bersiaga selama 3 tiga kali 24 jam untuk mengantisipasi adanya gempa susulan. "Ada delapan kecamatan terdampak, menimpa 34 kepala keluarga dan 90 jiwa. Enam kepala keluarga dan 17 jiwa masih mengungsi," tutur Iwa.

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus

Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter mengguncang Tasikmalaya pada Senin 24 April 2017 pukul 01:00 WIB. Delapan kecamatan yang terdampak di antaranya, Kecamatan Salawu, Cigalontang, Sukaratu, Sukaresik, Jatiwaras, Taraju, Cipatujah, dan Karangnunggal. 

Pekerja melipat surat suara pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. (Foto ilustrasi).

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Isu parpol rival di Pilpres 2024 loncat merapat dukung barisan koalisi Prabowo-Gibran terus mencuat.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024