Banyak Mudik Gratis, Angkutan Bus di Bandung Sepi Peminat

Suasana terminal di Bandung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman

VIVA.co.id – Volume penumpang arus mudik di Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat mengalami penurunan sejak H-7 sampai dengan H-4 lebaran Idul Fitri 2017.

Terjaring Razia Yustisi di Kamar Hotel, Begini Pembelaan Aceng Fikri

Kepala Terminal Cicaheum, Roni Hermanto menjelaskan, sampai saat ini keberangkatan angkutan mudik belum menunjukkan aktivitas signifikan.

"Kalau dibandingkan tahun lalu, jumlah penumpang Terminal Cicaheum memang turun 16 persen," kata Roni, Rabu 21 Juni 2017.

Terduga Teroris Lukai 4 Polisi di Bandung

Menurutnya, pada arus mudik 2016, volume penumpang dari H-7 sampai dengan H-5 mencapai 8.800 orang. Pada arus mudik 2017, di waktu yang sama, penumpang yang memilih angkutan dari Terminal turun hingga 7.430 orang. 

Menurutnya, penurunan penumpang di Terminal Cicaheum terjadi disebabkan adanya peralihan moda transportasi. Salah satunya beralihnya penumpang bus ke transportasi kereta api.

Pembunuh Ustaz Prawoto Divonis 7 Tahun Penjara

Tidak hanya itu, maraknya penggunaan pribadi dan mengikuti program mudik gratis, menjadi penyebab menurunnya pemudik menggunakan angkutan umum. Roni menerangkan, lonjakan penumpang di Terminal Cicaheum diprediksi akan terjadi pada H-2. 

"Kami prediksi jumlah penumpang saat puncak mudik, di bawah 5 ribu penumpang karena sedang menurun jadi tak akan melebihi tahun lalu," kata Roni

Roni menambahkan, berkaca pada arus mudik lebaran 2016, jumlah penumpang dari H-10 sampai H+10 tahun lalu sebanyak 56.779 orang. Terminal Cicaheum menyiapkan 260 armada untuk melayani penumpang pada musim mudik 2017 yang terdiri dari 135 bus antar kota dalam provinsi, 105 bus antar kota antar, provinsi dan 20 bus bantuan Damri.

Tujuan pemudik di terminal Cicaheum, Terminal Cicaheum menyediakan lintas utara dan selatan yaitu Banjar, Tasikmalaya, Garut, Kuningan, Cirebon, Sumedang, Tegal, Wonosobo, DI Yogyakarta dan Surabaya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya