Pelaku Teror Bom Panci Agus Wiguna Berpendidikan

Wakapolda Jawa Barat Brigjen Bambang Purwanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA.co.id – Pelaku bom panci, Agus Wiguna yang menetap di rumah kontrakan, Kampung Bereum RT 07/11, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat, dinilai cukup mapan untuk melaksanakan aksi teror.

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Meski beraktivitas sebagai penjual bakso, Agus memiliki kepiawaian dalam menggali informasi untuk merakit bom panci.

"Merujuk pada situasi-situasi yang lain, pendidikannya cukup, bisa membuka google, bisa punya laptop walaupun jualan bakso di kesehariannya," ungkap Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Bambang Purwanto, Sabtu malam, 8 Juli 2017.

Densus 88 Sudah Pernah Ingatkan Polda Jabar Waspadai Serangan Teroris JAD

Dari barang bukti e-KTP dengan nomor NIK 3205313108950002, tercatat Agus lahir pada 30 Agustus 1995 dengan alamat Kampung Cibelentuk RT 01/05 Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut dan terdaftar sebagai pelajar atau mahasiswa.

Agus diketahui mulai aktif merakit bom panci sejak 1 Juni 2017, bahkan untuk melancarkan aksinya, tiga lokasi di Kota Bandung menjadi target ledakan dengan alasan jihad untuk memerangi non Islam.

Agus Sujatno Bawa 2 Bom Panci Gunakan Ransel, Hanya Satu yang Meledak

Tiga lokasi itu di antaranya Cafe Bali di jalan Braga, rumah makan celeng di kawasan Astana Anyar dan Gereja di kawasan Buah Batu. Bahkan, aksi ledakan di Cafe Bali akan dilaksanakan pada Jumat 16 Juli 2017 saat malam hari.

"Jadi rencananya dalam catatan yang ada dalam buku dia, seperti itu. Namun perlu diklarifikasi dan jaringan-jaringannya di mana, kami masih kembangkan," katanya.

Bambang menambahkan, terungkapnya aktivitas bom panci dan seketika pelaku telah ditangkap, pihaknya enggan cepat berasumsi. Pengembangan oleh penyidik dan berkoordinasi dengan tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri, menjadi prioritas agar kasus tersebut cepat terungkap.

"Kita belum menduga-menduga, pasti ada jaringan. Karena dia membuat itu dari membuka internet, termasuk laptopnya juga sedang kami sita," katanya.

Sebelumnya, Tim Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat, menangkap perakit bom panci yang diledakkan di rumah kontrakan Kampung Bereum RT 07/11, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung pada pukul 15.30 WIB.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan, pelaku bernama Agus Wiguna telah ditangkap dan sedang dalam pengembangan Polrestabes Bandung.

"Pelaku telah ditangkap, barang bukti yang diamankan di antaranya panci berisi pelaku dan rangkaian bom yang sudah meledak," kata Yusri saat dihubungi, Sabtu 8 Juli 2017. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya