Dua Ribu Pulau Kecil Indonesia Terancam Hilang

Pulau Banyak, salah satu lokasi wisata yang ada di Kabupaten Aceh Singkil
Sumber :
  • VIVA.co.id/bp.blogspot.com

VIVA.co.id – Guru Besar Institut Pertanian Bogor, Profesor Dietriech Geoffrey Bengen, memprediksi sebanyak 2.000 pulau kecil di Indonesia akan hilang dalam 13 tahun ke depan sebagai dampak perubahan iklim global yang memicu kenaikan muka air laut.

Pembangunan Jalan Kelok 18 di Jalur Lingkar Selatan akan Berdampak ke Pariwisata Gunungkidul

Maka, dia mengingatkan agar pemerintah harus menjaga kondisi ekosistem ribuan pulau kecil itu di Indonesia. Termasuk menghindari kerusakan terumbu karang, mangrove dan penangkapan ikan secara dekstruktif.

"Saya perkirakan Indonesia akan kehilangan 2.000 pulau kecil pada tahun 2030. Bahkan bisa jadi sebelum itu," ujar Dietriech dikutip dalam siaran persnya, Jumat, 21 Juli 2017.

Tingkatkan Kualitas SDM Tenaga Kerja Indonesia, Kemnaker Gelar Business Meeting Sektor Pariwisata

"Yang paling dekat dengan kita, ya Pulau Seribu, karena bentuk pulaunya dataran."

Dietriech menyebut, banyaknya pulau-pulau kecil di Indonesia sesungguhnya memiliki potensi besar bagi masyarakat. Namun karena lokasi yang jauh dan tidak berdekatan dengan akses ekonomi membuat masyarakat yang tinggal di kawasan pulau kehidupan ekonominya jadi rendah.

Siap Mendunia, Bohemia Fashion Week Pertemukan Desainer Lokal Bali dengan Rusia dan Armenia

"Jadi potensi besar tapi secara ekonomi masyarakatnya belum baik," ujarnya.

Atas itu, ia menyarankan salah satu yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan menguatkan paradigma bahwa potensi laut jangan lagi dianggap sebelah mata.

Dan salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menggagas program Minawisata atau penggabungan konsep perikanan dan ekowisata. Dengan itu, nelayan tidak perlu lagi menjual hasil tangkapnya ke pasar, namun dengan mendatangkan pembelinya yakni wisatawan. "(Dengan ini) Pulau-pulau kecil bisa dimanfaatkan," ujarnya.

Diketahui, saat ini Indonesia memiliki 14.752 pulau bernama, dengan garis pantai mencapai 95.181 kiloeter dan luas laut mecnapai 5,6 juta kilometer persegi. Dari jumlah itu terdapat 10 ribu pulau-pulau kecil yang memiliki potensi sumber daya alam pesisir yang prospektif. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya