Puluhan Hektar Gambut Terbakar di Sumatera Selatan

Sejumlah petugas pemadam kebakaran hutan sedang menyemprotkan air untuk memadamkan api di lahan gambut di Sumatera Selatan, Kamis (3/8/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aji YK

VIVA.co.id – Lahan gambut seluas 30 hektare di Lebak Deling Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan terbakar. Belum diketahui penyebab kebakaran lahan tersebut, upaya penanganan terhadap kejadian ini pun masih dilakukan.

Malaysia Kirim Surat Soal Kabut Asap, Jokowi: Saya Sudah Perintahkan Panglima, Kapolri, dan Pemda

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan Iriansyah menyebutkan saat ini telah ada tim gabungan di lima titik untuk membantu pemadaman api yang telah muncul sejak Rabu, 2 Agustus 2017 itu.

Sebanyak dua helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga telah membantu proses pengeboman air. Hingga Kamis, 3 Agustus 2017, baru ada 14 hektare yang tertangani.

Kabut Asap Semakin Mengkhawatirkan, Pemerintah Malaysia Kirim Surat ke Indonesia

"Kami upayakan pemadaman sejak kemarin, hingga malam," ujar Iriansyah.

Menurutnya, saat ini selain di Ogan Komering Ilir, di kabupaten lain seperti Ogan Ilir, Musi Rawas Utara dan Ogan Komering Ulu ternyata juga memiliki titik api. Karena itu kini tim bekerja ekstra melakukan pengawasan.

Kabut Asap Makin Parah, Penderita ISPA di Palembang Nyaris Tembus 15 Ribu Kasus

"Kita sudah menyiapkan posko di daerah terdekat untuk penanganan kebakaran lahan di wilayah darat," ujarnya.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni

Sahroni Minta Polri All Out usut Kasus Karhutla: Tak Mungkin Murni Faktor Cuaca

Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni meminta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menelusuri diduga pelaku pembakaran hutan dan lahan (karhutla).

img_title
VIVA.co.id
11 Oktober 2023