Jelang Puncak Haji, Dirjen PHU Cek Lagi Kesiapan Tenda

Pengecekan tenda-tenda jemaah haji, Sabtu, 19 Agustus 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Eko Priliawito

VIVA.co.id – Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Prof Nizar Ali memastikan kesiapan tenda-tenda jemaah dan misi haji Indonesia, di Arafah jelang pelaksanaan puncak haji, Sabtu, 19 Agustus 2017.

Media Center Jakarta Akan Kembali Aktif, Laporkan Info Haji Tiap Hari

Pengecekan dilakukan bersama Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Direktur Bina Haji Khoirizi HD, Kepala PPIH Arab Saudi Ahmad Dumyathi Basori dan Kadaker Mekah Nasrullah Jasam.

Pengecekan pertama dilakukan di tenda-tenda yang akan ditempati jemaah haji. Dari pantauan, seluruh tenda yang berada di 70 maktab sudah terpasang. Unsur pendukung lain seperti karpet, lampu dan alat pemadam kebakaran sudah siap.

Melihat Lebih Dekat Fasilitas Pemondokan Jemaah Haji

"Saya rasa sudah bisa disimpulkan kalau 95 persen sudah selesai. Tinggal memasang aksesori saja, seperti AC dan air cooler," kata Nizar Ali di Arafah, Sabtu, 19 Agustus 2017.

Nizar menambahkan, masih cukup waktu untuk memasang seluruh perlengkapan lain yang akan membuat jemaah lebih nyaman di dalam tenda. Selain itu, ketersediaan toilet yang ada juga akan mampu memenuhi kebutuhan jemaah. "Saya rasa masih ada waktu untuk melengkapi, rasio jemaah dan toilet dapat kami pastikan sudah terpenuhi," katanya.

Kisah Polwan yang Jadi Pendamping Jemaah Haji Lansia

Pengecekan kemudian dilakukan di dapur yang nantinya akan melayani kebutuhan jemaah selama di Arafah. Seluruh perlengkapan, seperti panci dalam ukuran besar dan alat untuk memasak sudah terlihat dan siap untuk digunakan.

"Semua sudah memenuhi target, masih 10 hari lagi menuju puncak haji dan saya kira masih cukup waktu. Listrik siap ada genset cadangan. Lampu LED yang terang karena biasa orang Indonesia budaya kita hidup selalu terang," ujarnya.

Dia menambahkan, "Di dalam tenda juga momen untuk membaca Alquran. Kalau gelap kan tidak bisa baca, kalau lampu bagus bisa fokus ibadah."

Nizar Ali menegaskan, pengecekan selalu dilakukan petugas mengenai kesiapan tenda-tenda di Arafah. Ditargetkan, semua akan rampung dua hari jelang hari Arafah. "Kalau target tanggal 7 sudah fix semua. Tanggal 8 tim akan cek akhir. Pengecekan harian selalu ada tim yang melakukan pemantauan," katanya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya