Jemaah Naqsabandiyah Sudah Salat Id, Sembelih Kurban Siang

Ratusan warga jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat melaksanakan salat Idul Adha pada Kamis pagi, 31 Agustus 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA.co.id - Ratusan warga jemaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat melaksanakan salat Idul Adha pada Kamis pagi, 31 Agustus 2017. Salat dipusatkan di Masjid Baitul Ma'Mur dan Surau Baru di kawasan Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Grandong, Sapi Kurban Irfan Hakim yang Beratnya 1,3 Ton

Menurut Imam Masjid Baitul Ma'Mur, Buya Edizon, perayaan Idul Adha hari ini berdasarkan metode perhitungan astronomis atau hisab yang disebut dari hisab munjid, yakni 10 Zulhijah jatuh pada hari yang sama dengan satu Ramadan setelah 99 hari.

Tata cara salat Id, kata Buya Edizon, secara keseluruhan sama dengan umat Islam lain, meski dalam penetapan Idul Adha yang berbeda. Jemaah Naqsabandiyah berlebaran hari ini, sedangkan pemerintah menetapkan Idul Adha besok.

20 Ucapan Hari Raya Idul Adha 1442 H

"Perhitungan kita berdasarkan kitab Munjid bahwa awal Ramadan kita adalah hari wukuf, tahun sekarang Ramadan kita hari Kamis, makanya 10 Zulhijah juga hari kamis," ujarnya menjelaskan.

Mengenai penyembelihan hewan kurban akan dilaksanakan pada siang atau menjelang salat zuhur. Disiapkan seekor sapi dan seekor kambing sumbangan dari jemaah.

Resep Opor Ayam Khas Palembang, Menu Spesial Hari Raya Idul Adha

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, usai salat Idul Adha, ratusan jemaah di Masjid Baitul Ma'Mur saling bersalaman, bermaaf-maafan satu sama lain dan dilanjutkan dengan makan bersama.

Sapi kurban Presiden Jokowi di Solo.

Istimewanya Sapi Kurban Jokowi yang Disembelih Hari Ini di Solo

Sapi kurban yang dibeli Jokowi memiliki bobot 837 kilogram dan dirawat tidak seperti sapi-sapi kurban lainnya.

img_title
VIVA.co.id
21 Juli 2021