Jupiter dan Sukhoi Beraksi di Langit Makassar

Atraksi Tim Pesawat Aerobatic Jupiter
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Tim Pesawat Aerobatic Jupiter dengan enam pesawat tampil memukau dan mengundang decak kagum pengunjung Makassar International Eight Festival and Forum atau F8, di atas langit Pantai Losari, Makassar, Rabu 6 September 2017. 

Pilot Sukhoi Rusia Bunuh Diri Agar Tak Ditangkap Pemberontak

Sebagai penggagas kegiatan bertaraf internasional ini, Wali kota Makassar Mohamad Ramdhan Danny Pomanto mengaku sangat bersyukur dukungan semua pihak bisa menghadirkan atraksi pesawat di langit Makassar.

"Kita lihat ada pertunjukan udara, laut, di darat juga ada, berpadu dengan alam Makassar yang begitu indah. Tinggal kita isi dengan kegiatan seperti ini. Alhamdulillah F8 tahun ini dihadiri 24 negara dan kita telah dua tahun melaksanakannya," ucapnya dalam keterangannya, Rabu 6 September 2017.

Pesawat Tempur Rusia Ditembak Jatuh Pemberontak Suriah

Atraksi oleh tim aerobatik kebanggaan Indonesia tampil selama 15 menit dan berhasil menyuguhkan pemandangan spektakuler.

Tim yang lebih dikenal dengan The Jupiters ini diawaki oleh instruktur penerbang TNI AU dengan menggunakan enam pesawat KT-1B Wong Bee khusus dihadirkan mengawali rangkaian kegiatan F8.

Sukhoi Rusia Cegat Pesawat Pengintai AS, Jaraknya 1,5 Meter

Leader atau Jupiter 1 dalam tim aerobatik ini adalah Letkol Pnb Kisha 'Razor' yang sehari-hari menjabat sebagai komandan skadron udara pendidikan 102 di Lanud Adisutjipto Yogyakarta. 

Pilot lainnya yakni Right wingman (Jupiter 2) Mayor Pnb Idam 'Godham’ Satria, Left wingman (Jupiter 3) Mayor Pnb Ferdian ‘Corbie’ Habibi, Slot Mayor (Jupiter 4) Pnb Iwan 'Gobang' Setiawan, Jupiter 5 Letkol Pnb Marcell 'Linger', dan Jupiter 6 Letkol Pnb Frando 'Fennec' Marpaung. 

Atraksi pertama adalah Jupiter Roll. Sebagai salam pembuka keenam pesawat mendemonstrasikan kekompakan tim. Lalu disusul dengan atraksi Barrel Roll yang mana para Jupiters membentuk formasi mata panah.

Formasi ini dikenal dengan nama Arrow Head Formation. Keenam pesawat melanjutkan dengan manuver vertikal ditambah roll pada sumbu longitudinal dengan jarak yang sangat dekat.

"Jupiter Aerobatic Team tidak hanya menunjukkan performa terbaiknya di Indonesia, sebagai duta udara Indonesia telah berkiprah di kancah internasional. Kami atas nama tim sangat berterima kasih kepada Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto bisa diundang tampil di Makassar International Eight Festival and Forum ini," ujar Kapten RS Anggoro yang bertindak sebagai narator.

Manuver lain yang ditampilkan yakni loop and break off, twin half cuban, stall turn, clover leaf, callypso, screw roll, solo spin, five card pass, leader benefit and roll back, dan terakhir loop and bomb burst.

Selain penampilan Jupiter, atraksi tiga pesawat tempur Sukhoi juga hadir mewarnai ajang F8 ini dengan berbagai atraksinya. Penampilan para penerbang ini akan hadir kembali pada hari kedua F8 pada waktu yang sama hari ini, Kamis 7 September 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya