Dinasti Ratu Atut Kembali Maju di Pilkada Banten

Ratu Atut Dituntut Delapan Tahun Penjara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id – Meski telah menjadi pesakitan di Komisi Pemberantasan Korupsi, keluarga Ratu Atut Chosiyah nampaknya masih kuat mengakar di Provinsi Banten.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

Hal ini terlihat, dari ipar tiri sang Ratu, bernama Vera Nurlaela Jaman, yang mendapatkan dukungan dari tiga partai politik untuk maju dalam Pilkada Kota Serang 2018.

"Semoga pencalonannya akan lancar dan ada rekomendasi dari partai lain," kata Vera, usai mendapatkan dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa, saat ditemui di kantor DPW PKB Kota Serang, Rabu 27 September 2017.

Jennifer Dunn Dipanggil Jadi Saksi di Sidang Kasus Korupsi Wawan

Istri dari Tubagus (TB) Haerul Jaman itu mendapatkan dukungan 12 kursi legislatif dari Partai Golkar, PKB, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, tetapi belum menentukan siapa pendampingnya. "Dengan siapa pun (wakilnya), yang penting semua partai koalisi mendukung. Tunggu aja, nanti juga ada, sedang dikaji," kata dia.

Dengan jumlah kursi tersebut, istri dari adik tiri Ratu Atut Chosiyah itu dipastikan telah memenuhi syarat pencalonan di Komisi Pemilihan Umum, yang mensyaratkan hanya sembilan kursi saja.

Disebut Mau Ikut Pilkada Lagi, Rano Karno: Saya Tegaskan Tidak

"Pertama, karena dari awal visi misi, di situ suaranya terbanyak dari PAC (Pimpinan Anak Cabang) dan (pengurus) ranting," kata Wahyu Papat, ketua DPW PKB Kota Serang, ditempat yang sama.

Dengan jargon 'Kota Serang Cantik', Wahyu menjelaskan bahwa Vera belum memiliki cacat di dalam pemerintahan. "Dia belum ada cacatlah, karena dia kan belum pernah di pemerintahan," tuturnya.

Sekadar diketahui bahwa TB Haerul Jaman, suami dari Vera Nurlaela, merupakan adik tiri dari Ratu Atut Chosiyah. Atut merupakan mantan Gubernur Banten yang kini menjadi pesakitan di KPK bersama adik kandungnya, TB Haeri Wardhana, alias Wawan.

Dinasti Ratu Atut memegang kuat kekuasaan di Tanah Jawara. Sebut saja Airi Rachmi Diani yang menjadi Wali Kota Tangsel, merupakan istri dari Wawan. Lalu, ada Ratu Tatu Chasanah, adik kandung dari sang Ratu.

Lalu, ada nama Andhika Hazrumy, anak pertama dari Ratu Atut, yang kini menduduki kursi Wakil Gubernur Banten bersama Wahidin Halim. Ada juga nama Tanto Warsono Arban, merupakan menantu Ratu Atut, yang menjabat sebagai Wakil Bupati Pandeglang. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya