Temui Petani Sawit, Jokowi: Jangan Minta Sepeda Ya

Presiden Joko Widodo resmikan peremajaan kebun sawit milik rakyat di Sumsel
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aji YK

VIVA.co.id – Ada kejadian lucu saat Presiden Joko Widodo meresmikan peremajaan kebun sawit milik rakyat di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat 13 Oktober 2017. Kejadian itu berawal saat Presiden memanggil dua petani sawit, Sumitro (65) dan Supomo (35).

Kementan Gencarkan Pompanisasi dan Olah Tanah serta Percepat Tanam Padi

Kepada kedua petani itu, Presiden Jokowi meminta naik ke atas panggung. Namun sebelum berdiskusi, Presiden Jokowi mengeluarkan banyolan. “Sini yang dua itu naik ke atas. Tapi jangan minta sepeda ya,” kata Jokowi yang disambut tawa tamu yang hadir dalam acara tersebut.

Kedua petani sawit itu langsung mencurahkan keluh kesahnya. Mereka mengaku panen sawit saat ini tengah sulit lantaran musim kemarau. “Hasil panennya kurang pak, karena kemarau. Kemarin cuma dapat 1,5 ton sekali panen untuk satu hektare,"ujar Sumitro.

Panen Ganda Kelapa Sawit dan Padi, Untungkan Petani

“Kalau dikasih bibit gratis mau gak?" timpal Jokowi.

Dengan cepat Sumitro menjawab, "Mau Pak, ini yang kami harapkan."

HKTI Usulkan HPP Gabah Naik Jadi Rp6.757

Setelah cukup berdiskusi, Jokowi mempersiapkan keduanya turun. Namun, orang nomor satu di Indonesia itu kembali menyeletuk soal hadiah sepeda. “Menterinya jangan ngomporin nyuruh minta sepeda," kata Jokowi, disambut ketawa riuh warga yang hadir.

Presiden Jokowi memang dikenal sering membagikan sepeda secara cuma-cuma, ketika memanggil seseorang untuk menjawab pertanyaan yang dia lontarkan. Namun, kali ini Sumitro dan Supomo tidak bernasib mujur, untuk mendapatkan sepeda dari Presiden.

[Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, di acara Halalbihalal 2024 yang digelar di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis, 25 April 2024]

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

 Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan alias Zulhas menegaskan, pemerintah tidak akan melakukan impor bawang merah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024