Wiranto Konfirmasi Pentolan ISIS di Marawi Tewas

Menkopolhukam Wiranto didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan keterangan pers soal senjata api, Jumat (6/10/2017).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, mengonfirmasi bahwa dua pentolan simpatisan ISIS di Marawi, Filipina, telah tewas. Keduanya adalah Omar Maute dan Isnilon Hapilon.

Al Salbi 'The Destroyer' Pemimpin ISIS yang Baru, Kejam dan Brutal

Wiranto menyampaikan, teknologi penginderaan termal yang digunakan pemerintah Australia, membantu mengonfirmasikan kematian dua orang yang sangat diburu militer Filipina itu.

"Memang betul-betul mereka sudah terbunuh, karena gambarnya sudah ada, resmi dari pemerintah Australia," kata Wiranto di Jakarta pada Senin, 16 Oktober 2017.

Al Baghdadi Tewas, Mabes Polri Tetap Waspada

Informasi itu diperoleh berkat kerja sama yang terjalin antara enam negara di kawasan Asia Tenggara dan Oseania dalam hal penanggulangan terorisme.

Menurut Wiranto, terbunuhnya Omar dan Isnilon diharapkan mencegah wilayah Asia Tenggara dijadikan basis baru ISIS, setelah basis utama di Timur Tengah digempur habis Pasukan Koalisi. Soalnya kelompok-kelompok teror radikal, seperti simpatisan ISIS di Marawi, sering hanya bersatu karena kepemimpinan karismatik.

Apakah Aksi Militer Turki di Suriah akan Bangkitkan ISIS?

"Mudah-mudahan dengan seperti ini, menjadi mudah diselesaikan," ujar Wiranto. (ase)

Pemimpin baru ISIS Amir Mohammed Abdul Rahman al-Mawli al-Salbi

Pemimpin Baru ISIS 'Sang Penghancur', Terkenal karena Kebrutalannya

Ia sosok pemimpin baru ISIS menggantikan Abu Bakar al-Baghdadi.

img_title
VIVA.co.id
24 Juli 2020