Baru Mendarat, Wapres JK Langsung Ikut Rapat Densus Tipikor

Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fajar GM

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla langsung bergabung dalam rapat terbatas (ratas) yang membahas wacana pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) setibanya di Indonesia. 

JK Ingatkan Umat Introspeksi Diri Sambut Ramadhan

JK sendiri baru saja melakukan kunjungan kenegaraan dari Turki dan Arab Saudi, serta mendarat di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, pagi ini, Selasa, 24 Oktober 2017.

Berdasarkan agenda resmi Wakil Presiden RI, rapat dilangsungkan secara internal di Istana Negara bersama Presiden Joko Widodo, Selasa siang ini. JK enggan banyak membeberkan hal yang akan dibahas di dalam rapat, termasuk mengenai kemungkinan rapat akan menghasilkan keputusan tentang pembentukan Densus Tipikor.

JK Sebut Pemilu 2024 Terburuk Dalam Sejarah di Indonesia

"Tunggu saja hasilnya itu. Namanya rapat, akan ada yang disetujui atau ditolak, bukan saya (yang menentukan)," kata JK di Ruang VVIP Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan bahwa pemerintah akan mengadakan rapat terbatas guna membahas wacana pembentukan Densus Tipikor.

JK Sebut RI Bayar Cicilan Utang Sampai Rp 1.000 Triliun per Tahun, Ini Respons Sri Mulyani

Wacana pembentukan Densus Tipikor oleh Kepolisian RI (Polri) mencuat dalam beberapa waktu ini. Kapolri Jenderal Tito Karnavian sudah beberapa kali sesumbar untuk membentuk lembaga yang setara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut.

Gagasan Polri, Densus itu akan dikepalai oleh jenderal bintang dua dan akan merekrut lebih dari 3.000 personel dengan kebutuhan anggaran mencapai Rp2,6 triliun.

Direncanakan, Densus Tipikor yang diinisiasi sebagai peningkatan status dari Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) Polri itu akan berkantor di gedung baru di Polda Metro Jaya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya