Balok Jembatan Tol Pasuruan-Probolinggo Ambruk, Satu Tewas

Proyek tol Pasuruan-Probolinggo ambruk pada Minggu, 29 Oktober 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal.

VIVA.co.id - Kecelakaan kerja proyek tol Pasuruan-Probolinggo terjadi di Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Minggu, 29 Oktober 2017. Beton tol yang tengah dipasang ambruk dan menewaskan seorang pekerja mekanik.

Polisi Simpulkan, Kasus Tol Pasuruan Ambruk karena Kelalaian

Informasi diperoleh menyebutkan kecelakaan kerja itu terjadi sekira pukul 09.45 pagi. Kala itu, pekerja tengah memasang girder atau balok penyangga jembatan tol. Pengerjaan proyek dilakukan dengan mesin alat berat.

Tiga girder sebetulnya sudah terpasang. Insiden baru terjadi ketika girder keempat hendak dipasangkan. Terjadi goyangan ketika girder akan dipasangkan ke bearing. Girder tersebut jatuh lalu menyenggol tiga girder lainnya.

Polisi Selidiki Kekuatan Beton yang Ambruk di Tol Pasuruan

Ketiga girder itu pun ambruk ke tanah dan menimpa beberapa sepeda motor, pikap dan truk tronton yang ada di bawah. Nahasnya, seorang pekerja mekanik dari PT Waskita juga tertimpa balok beton tersebut. Korban bernama Heri itu dilaporkan meninggal dunia di lokasi kejadian.

Selain seorang meninggal dunia, dua orang lain mengalami luka berat akibat kejadian itu, yakni Sugiono, sopir mekanik PT Waskita,  dan Nurdin, pekerja dari PT Pancang Sakti. Kendaraan bermotor yang rusak akibat tertimpa girber sebanyak empat unit.

Polisi Segera Periksa Manajemen PT Waskita soal Tol Ambruk

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur, Komisaris Besar Polisi Frans Barung Mangera, mengatakan bahwa kasus kecekalaan kerja itu masih diselidiki oleh petugas Kepolisian Resor setempat.

"Tunggu hasil penyelidikan," katanya dikonfirmasi wartawan. (ase)

Gedung Waskita Karya

Percepat Penyelesaian Tol Ini, Waskita Cairkan PMN Rp1,24 Triliun

Pencairan dana PMN oleh Waskita dilakukan untup pengelesaian proyek jalan tol Pasuruan-Probolinggo seksi 4A yang target selesai 2022.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2022