Kemenko PMK Terus Pantau Penyusunan RPP UU No 8/2016

Menteri PMK, Puan Maharani berikan bonus pada atlet disabilitas
Sumber :
  • Tasya Paramitha/VIVA.co.id

VIVA – Kedeputian bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK melalui Asisten Deputi Pemberdayaan Disabilitas dan Lansia kembali menggelar rapat koordinasi dan masih dalam rangka mendorong percepatan penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, dan Evaluasi Penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas (PD).

Kisah Inspiratif dari UTBK Unesa: Peserta Berinfus dan Pakai Selang Demi Menggapai Cita-cita

Selain mendorong percepatan, koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian, Kemenko PMK juga dijalankan untuk memantau penyusunan tujuh RPP turunan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan Dukungan/Penugasan Dari K/L Terkait.

Rakor dibuka dan diarahkan langsung oleh Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni dan mengagendakan penyampaian informasi penyusunan RPP Kesejahteraan Sosial Penyandang Disabilitas oleh Kementerian Sosial.

Siap Laksanakan Peparnas 2024, Pj Gubernur Sumut: Kita Senang Jadi Tuan Rumah

Kementerian Sosial dalam Rakor ini mengakui bahwa memang tengah fokus pada RPP bidang kesejahteraan sosial khususnya bagi para penyandang disabilitas. Bahkan setiap minggunya, Kementerian Sosial menggelar tiga kali rapat hanya untuk membahas beberapa RPP yang antara lain PP tentang Kesejahteraan Sosial, PP tentang Habilitasi dan Rehabilitasi, dan PP tentang Perlindungan Para dan Pasca Bencana.

Kementerian Sosial juga sedang menggodok Perpres tentang pembentukan Komisi Nasional Disabilitas dan Perpres tentang Penghargaan. Kementerian Sosial dalam kesempatan ini mengaku akan segera mengundang para anggota Pokja untuk diperlihatkan draft RPP yang sudah disusun bersama dengan K/L lainnya pada awal Desember nanti.

Kemenko Ekonomi Ungkap KUR 2024 Telah Tersalur ke 149.602 Debitur hingga April

Rakor yang dihadiri oleh Perwakilan dari Kemenkes, KemenPPN/Bappenas, Kemdikbud, Kemenpora, Kemendagri, Kemenaker, Kemenkeu, BNPB, dan Organisasi Penyandang Disabilitas, juga mendengarkan banyak masukan dari K/L dan terutama dari mereka yang duduk di dalam Organisasi Penyandang Disabilitas. Sementara Tb Achmad Choesni kembali menegaskan bahwa tenggat waktu penyelesaian tujuh RPP ini adalah pada April 2018 mendatang. (webtorial)

Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri forum parlemen anggota MIKTA di Meksiko, Senin, 6 Mei 2024.

Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global

Ketua DPR RI Puan Maharani mendorong gencatan senjata permanen di Gaza, Palestina, melalui forum parlemen anggota MIKTA yang digelar di Meksiko.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024