Ini Inovasi Warga Semarang Menuju Indonesia Bersih

Krisis Air Bersih Melanda Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

VIVA – Adalah Ferrindo Tito, pemuda asal Semarang yang dianugerahi sebagai pemenang dalam gerakan 1.000 startup digital pada beberapa waktu lalu. Tito mendapat anugerah ini berkat inovasinya mengatasi permasalahan sampah di Kota Semarang melalui situs sampahmuda.com yang dibuatnya.

Pemerintah Sediakan Layanan Kesehatan Gratis bagi Pasien Isoman

Sejalan dengan Gerakan Indonesia Bersih, Asri, Indah (Berseri). Tito mengusung misinya untuk menanggulangi permasalahan sampah yang ada di kotanya. Tito menjelaskan ia tergerak akan keinginan untuk  membantu pengolahan sampah yang banyak sekali berserakan di jalanan. Sampah tersebut menurut Tito diakibatkan oleh warga yang kebingungan untuk membuang sampah dari dalam rumahnya.

Situs yang diciptakan Tito dan timnya ini berhasil menarik warga Semarang untuk berpartisipasi. Saat ini sekitar dua ribu orang telah mengakses situs tersebut untuk difasilitasi dalam pengolahan sampah. Ferrindo dan teman-temannya melakukan pengangkutan dan pengolahan berdasarkan permintaan dari warga yang dilakukan lewat website sampahmuda.com.

Tangani COVID-19, Luhut Klaim Pemerintah Mereformasi Bidang Kesehatan

"Sampah yang dikumpulkan anorganik seperti plastik, kertas, atau kardus. Sampah kami dijemput, lalu bisa juga diuangkan," kata Ferrindo.

Melalui situs tersebut, warga yang membuang sampah juga turut diuntungkan. Sebab, sampah tidak hanya dibuang begitu saja melainkan dihargai uang oleh Ferrindo dan kawan-kawan, mulai dari Rp700 hingga Rp3.000  tergantung pada jenis sampah yang diberikan.

Layanan Kesehatan Online Bisa Turunkan Biaya Kesehatan

"Jadi sifatnya seperti penambahan saldo. Itu bisa untuk beli pulsa, ditambah ke akun GoPay, buat token listrik juga bisa," katanya.

Uangnya tidak diberikan secara tunai, melainkan ditransfer secara elektronik. Dengan metode tersebut, sampahmuda.com yang menyasar segmentasi mahasiswa, keluarga, warung, dan sekolah telah berhasil membersihkan sampah sebanyak 45 ton.

Tidak hanya itu, sampah yang dibuang melalui situs sampahmuda.com ini tidak hanya berakhir sia-sia. Daur ulang menjadi salah satu sarana yang cukup mumpuni dari Ferrindo dan tim dalam mengolah sampah yang diberikan oleh warga tersebut. Dengan demikian, banyak keuntungan diperoleh dari layanan yang disediakan oleh situs ini. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya